Iklan

Gangguan Distribusi Air Saat Idul Fitri, Ini Penjelasan PDAM Tirta Mayang Jambi

warta pembaruan
10 April 2025 | 10:48 AM WIB Last Updated 2025-04-10T03:48:05Z


Jambi, Wartapembaruan.co.id
– Sejumlah wilayah di Kota Jambi mengalami gangguan distribusi air bersih selama momen Hari Raya Idul Fitri 1446 H. Menanggapi keluhan dari masyarakat, Perumda Air Minum (PDAM) Tirta Mayang memberikan klarifikasi resmi terkait penyebab gangguan layanan tersebut.

Direktur Utama PDAM Tirta Mayang Jambi, Dwieke Riantara, menjelaskan bahwa gangguan distribusi air terjadi akibat sejumlah gangguan pada jaringan listrik milik PLN yang berdampak langsungterhadap operasional sistem distribusi air.

“Gangguan listrik pada jaringan distribusi PLN menyebabkan beberapa instalasi kami, seperti intake Benteng, Broni 1 dan Broni 2, tidak dapat beroperasi secara normal. Hal ini berdampak pada distribusi air ke berbagai wilayah,” ujar Dwike, Rabu (9/4/2025).

PDAM sendiri mencatat setidaknya lima kejadian pemadaman listrik yang memengaruhi distribusi air bersih, di antaranya pada Sabtu, 22 Maret 2025.

Pemadaman terjadi akibat pekerjaan penyambungan kabel ke kubikel oleh PLN di ruang trafo Broni 1. Pemadaman berlangsung dari pukul 11.30 hingga 20.54 WIB.

Lebih lanjut pihaknya mengatakan pada Rabu, 26 Maret 2025 terjadi pemadaman listrik akibat insiden darurat oleh PLN pada pukul 12.03 hingga 14.56 WIB, selanjutnya pada Kamis, 27 Maret 2025, Listrik padam akibat pekerjaan pemindahan kabel incoming kubikel oleh PLN, berlangsung dari pukul 11.05 hingga 13.30 WIB.

Tidak sampai di situ saja, pada Rabu, 2 April 2025, Pemadaman listrik kembali terjadi karena insiden darurat oleh PLN, dari pukul 17.43 hingga 20.06 WIB dan terakhir pada Jumat, 4 April 2025, PDAM melakukan perbaikan kabel terminasi outgoing kubikel trafo Broni 1 atas rekomendasi PLN, yang juga menyebabkan padamnya listrik di area tersebut.

Akibat pemadaman tersebut, instalasi utama seperti intake Benteng serta dua unit Broni tidak dapat mengalirkan air ke jaringan distribusi. Hal ini mengakibatkan layanan air bersih terganggu di sejumlah wilayah pelanggan PDAM.

“Kami memahami keresahan masyarakat dan kami kemarin terus berkoordinasi dengan pihak PLN serta melakukan perbaikan internal agar pelayanan bisa kembali normal. Ke depan, kami juga akan meningkatkan mitigasi terhadap gangguan sejenis,” tambah Dwike.

PDAM Tirta Mayang mengimbau masyarakat untuk menggunakan air secara bijak selama masa pemulihan distribusi serta terus memberikan laporan apabila terdapat gangguan layanan di lingkungan masing-masing.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Gangguan Distribusi Air Saat Idul Fitri, Ini Penjelasan PDAM Tirta Mayang Jambi

Trending Now

Iklan