Iklan

Vero Persiapkan Generasi Mendatang: Integrasikan AI dalam PR dan IMC

warta pembaruan
30 Desember 2024 | 9:42 PM WIB Last Updated 2024-12-30T14:42:12Z


Jakarta, Wartapembaruan.co.id
- Dalam upaya mempersiapkan generasi muda menghadapi perkembangan teknologi canggih seperti Artificial Intelligence (AI), Vero mengadakan seminar di Universitas London School of Public Relations (LSPR), Bekasi, Jawa Barat, pada waktu menjelang Desember 2024.

Acara ini merupakan bagian rangkaian dari program Vero Next Gen yang bertujuan membekali calon profesional komunikasi dengan wawasan terkini.

Mengusung tema “Communications in the Age of AI: New Opportunities and Challenges,” seminar ini dipandu oleh Raphael Lachkar, Chief Operating Officer (COO) Vero, dan dihadiri oleh lebih dari 100 mahasiswa, yang bersama-sama mengeksplorasi peluang transformatif AI dalam lanskap media modern komunikasi untuk mengeksplorasi potensi transformatif AI dalam lanskap media modern.

Perkembangan AI telah membawa dampak signifikan pada berbagai industri di seluruh dunia, termasuk industri komunikasi di Asia Tenggara. AI telah menjadi alat penting yang membantu meningkatkan akurasi, kecepatan, dan efisiensi dalam penerapan berbagai strategi komunikasi. Dalam bidang PR, AI dapat mendukung berbagai pekerjaan seperti analisis data, personalisasi konten, segmentasi audiens, hingga perancangan kampanye komunikasi yang lebih efektif.

Studi terbaru Vero, “AI and Journalism in Southeast Asia”, menunjukkan bahwa adopsi AI menawarkan peluang sekaligus tantangan.

Studi yang melibatkan 75 jurnalis dari Indonesia, Filipina, Thailand, dan Vietnam, mengungkapkan tingginya keinginan untuk pelatihan AI dalam mendukung praktik profesional mereka.

"AI merupakan elemen penting yang tidak hanya mendukung pengembangan keterampilan, tetapi juga mempermudah tugas-tugas kompleks seperti analisis data,” kata Raphael, dalam keterangan tertulis, pada Senin (30/12/2024).

“Namun, meskipun AI membuka peluang besar untuk meningkatkan kinerja para praktisi komunikasi, kita harus tetap memastikan bahwa kendali utama tetap berada di tangan manusia, menjaga keseimbangan antara teknologi dan sentuhan manusia dalam setiap prosesnya," tambahnya.

Berdasarkan hasil survei tersebut, Vero menyadari pentingnya mempersiapkan generasi profesional untuk menghadapi perkembangan AI.

Sebagai bagian dari komitmennya dalam mendukung pengembangan keterampilan profesional di bidang komunikasi, Vero menyelenggarakan seminar di LSPR.

Acara ini menghadirkan Raphael Lachkar, Chief Operating Officer (COO) Vero  yang merupakan orang dibalik berbagai inovasi yang dilakukan Vero, termasuk dalam penerapan AI di tempat kerja.

Acara tersebut diakhiri dengan sesi tanya jawab, yang memberikan kesempatan bagi para peserta untuk menggali lebih dalam mengenai topik yang telah dibahas.

Melalui seminar ini, diharapkan bahwa tidak hanya dapat menginspirasi namun juga dapat memotivasi generasi mendatang untuk memperluas wawasan serta penerapan mereka terhadap AI.

Vero mempercayai bahwa pemanfaatan teknologi AI yang bijak dapat menghasilkan hasil yang optimal, untuk itu penting bagi para profesional komunikasi masa depan mempersiapkan dirinya untuk menghadapi kemajuan teknologi di masa yang akan datang.

Tentang Vero Next Gen

Vero Next Gen merupakan program pengembangan karier bagi para pemasar dan kreator muda di Asia Tenggara. Program ini memberikan akses kepada generasi penerus konsultan komunikasi untuk mendapatkan bimbingan, pelatihan, pengalaman langsung, dan membangun jaringan. Kini hadir di Indonesia, Vero Next Gen Batch 1 terbuka bagi mahasiswa dan fresh graduate untuk memulai perjalanan karier mereka bersama Vero.

About Vero

Vero merupakan konsultan komunikasi strategis yang telah meraih berbagai penghargaan, memberikan layanan konsultasi kepada sejumlah merek, perusahaan, dan organisasi nirlaba terkemuka di Asia Tenggara. 

Dengan seluruh kantornya tersertifikasi B Corp dan telah menandatangani Pledge Clean Creative sejak 2022, Vero mengadopsi pendekatan progresif dalam bidang hubungan masyarakat dan pemasaran influencer. Tujuannya adalah untuk menciptakan perubahan yang berarti bagi klien dan masyarakat secara umum.

Tim Vero terdiri dari 260 profesional yang memiliki kepakaran di bidang hubungan masyarakat, sosial, digital, influencer, dan kreatif, yang tersebar di Indonesia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam, dan juga Myanmar.

Dengan beragam latar belakang ini, mereka membawa perspektif yang berbeda-beda dan unik untuk menghasilkan publisita yang berfokus pada teknologi digital, penyampaian cerita yang kreatif, dan stakeholder engagement untuk menyampaikan pesan.

Ini melibatkan unit-unit terbaru, seperti Vero IQ yang melakukan analisis dan memberikan wawasan berbasis data, InFluent, metodologi analisis kampanye pemasaran influencer dan efektivitas kerja sama merek-influencer, VeroXperience yang menangani event management dan brand activation, serta Vero Advocacy yang memberikan konsultasi strategis terkait keterlibatan pemerintah.

Tercatat sebagai salah satu Global Top 250 Agencies oleh PRovoke Media dan meraih berbagai penghargaan Konsultan Tahunan Asia Tenggara, Vero merancang strategi pemasaran dan komunikasi terpadu yang memiliki dampak di ekosistem digital dan ekonomi yang berkembang pesat di kawasan ini. (Azwar)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Vero Persiapkan Generasi Mendatang: Integrasikan AI dalam PR dan IMC

Trending Now

Iklan