Iklan

Organda Kritik Infrastruktur di Batam Dinikmati Hanya Orang Kaya, Cakada Jangan Omong Kosong Bangun Kepri Seperti di Batam

warta pembaruan
11 Oktober 2024 | 7:22 PM WIB Last Updated 2024-10-11T12:22:27Z


Kepri, Wartapembaruan.co.id
-- Pengurus Organisasi Angkutan Darat (Organda) Kepulauan Riau mengkritisi kebijakan pembangunan infrastruktur di Kota Batam yang dinilai hanya dinikmati oleh orang kaya. Sementara itu, pengamat pembangunan menuding pernyataan salah satu calon kepala daerah yang akan membangun Kepri sama seperti Batam dinilai omong kosong yang akan mengecewakan rakyat.

''Kita mengakui bahwa pembangunan infrastruktur di Kota Batam luar biasa. Tapi saya pernah menyampaikan bahwa pembangunan jalan yang terlalu lebar, bukankah telah mendorong masyarakat Batam membeli kendaraan, terbukti setiap hari jumlah kendaraan semakin banyak, semakin padat, sehingga yang menikmati jalan lebar hanya orang kaya,'' kata Sekretaris DPD Organda Kepri, Maston Tambunan, kepada wartawan, di Batam, 11/10/2024.

Maston menjelaskan, pada suatu pertemuan di Kantor Sekretaris Daerah Kota Batam, pihaknya meminta pemerintah agar menyisihkan sebagian anggaran dari pembangunan infrastuktur untuk peningkatan transportasi massa. ''Ketika itu forum dihadiri Sekda, Camat, ada sejumlah Rektor, dan para Kepala Dinas. Saya tanya, tanpa mengurangi rasa hormat, apakah ada di ruangan ini yang menggunakan angkutan umum bukan angkutan pribadi? Semua diam,'' ucapnya.

Menurutnya, pembangunan di Batam dinilai salah kaprah. Jika cara yang sama dilakukan di wilayah lain di Kepri, tentu masyarakat kembali akan menelan kekecewaan. Masyarakat kecewa karena pemimpin tidak memahami prioritas dalam membangun. ''Saya kecewa melihat sikap pemerintah yang tidak membangun sesuai prioritas. Dalam kasus infrastruktur, siapa yang menikmati, orang berduit, orang miskin tidak menikmati inftrastruktur ini yang menguras anggaran tersebut,'' ujarnya.

Di sisi lain, praktisi lingkungan dan perkotaan, Azhari Hamid, menyebut calon kepala daerah yang mengumbar janji dengan menyebut akan membangun Kepri sama seperti membangun Kota Batam, adalah omong kosong. ''Anggaran yang digunakan untuk infrastruktur di Batam berasal dari PNBP (Pendapatan Negara Bukan Pajak) sewa tanah dan dari APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara). Lalu, kalau di Bintan misalnya, mau ambil anggaran dari mana? Trus, apakah cukup hanya memperlebar jalan seperti di Batam? Membuat janji seharusnya masuk akal,'' ujar Azahari.

Dia menjelaskan, salah satu calon kepala daerah ketika memimpin Batam yang memiliki infrastruktur memadai, bahkan gagal memenuhi kebutuhan dasar masyarakat, yakni ketersediaan air bersih. ''Dari tahun ke tahun keluhan warga di sebagian wilayah Batam adalah tidak ada aliran air bersih (air minum). Masalah air minum yang dulu sangat baik di Batam, kini di tangan salah satu calon kepala daerah, gagal total. Kalau masalah air saja gagal, bisa-bisanya memberi janji membangun wilayah lain seperti Batam,'' ucap Azhari.

Dalam suatu acara kampanye dialogis paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) H Muhammad Rudi (HMR) dan H Aunur Rafiq (Rudi-Rafiq/2R) Rudi menyebut dirinya akan membangun Kepri seperti Batam. ''Saya akan membangun Kepri seperti saya telah membangun Kota Batam. Memang bentuknya tidak akan sama, tapi semua akan dibangun dengan kebutuhan daerah masing- masing,'' ujarnya.


(***)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Organda Kritik Infrastruktur di Batam Dinikmati Hanya Orang Kaya, Cakada Jangan Omong Kosong Bangun Kepri Seperti di Batam

Trending Now

Iklan