Iklan

Kolintang Menuju Warisan Budaya Tak Benda dari UNESCO

warta pembaruan
10 Oktober 2024 | 7:10 PM WIB Last Updated 2024-10-10T12:10:51Z


JAKARTA  Wartapembaruan.co.id
– Perjuangan mewujudkan kolintang sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTb) ke UNESCO semakin terang hasilnya. 

Hal itu disampaikan Ketua Dewan Pembina Persatuan Insan Kolintang Nasional (Pinkan) Indonesia, Laksamana TNI (Purn) Prof. Dr. Marsetio saat peluncuran buku Kolintang The Sound of Heaven di Balai Pustaka, Jakarta, Kamis (10/10/2024).

“Buku ini merupakan rangkaian mempromosikan kolintang menuju UNESCO. Kita tidak pernah berhenti mempromosikan kolintang yang sudah diakui oleh Pemerintah Indonesia sebagai warisan budaya tak benda,” kata Prof Marsetio yang juga Kepala Staf Angkatan Laut periode 2012-2015.

Buku yang memuat perjalanan kolintang tersebut merupakan salah satu bagian dari upaya mempopulerkan kolintang menuju WBTb.

Prof Marsetio juga menyebut, kolintang telah banyak melakukan kegiatan seperti kegiatan memperebutkan piala Presiden, piala Ibu Negara, dan piala menteri.

Dia juga mengatakan, kolintang menjadi alat diplomasi budaya Kerjasama Selatan-Selatan (KSS) serta kolaborasi kolintang dengan alat musik balafon di Afrika.

“Ini adalah bukti bahwa kolintang telah mendunia,” kata Prof Marsetio yang juga Penasihat Khusus Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Bidang Keamanan dan Pertahanan Maritim.

Sementara itu, ketua umum Pinkan Indonesia, Ny Penny Iriana Marsetio dalam wawancara mengatakan, buku tersebut ditulis untuk melengkapi salah satu persyaratan menuju pengajuan kolintang ke UNESCO sebagai WBTb.

Dia berharap, Desember 2024 pengajuan ke UNESCO telah ada hasilnya.

“Harapannya tahun ini, Desember 2024,” kata Ny. Penny Marsetio.

Buku setebal 152 halaman tersebut ditulis oleh Luddy Wullur dan Lidya Katuuk, seniman kolintang dari Minahasa yang sudah berpengalaman bermain kolintang pada berbagai kegiatan nasional maupun internasional.

Buku dengan editor Prof. Dr. Rajab Ritonga, Guru Besar Universitas Gunadarma Jakarta diterbitkan oleh penerbit Buku Indo Maritim Media. ***

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kolintang Menuju Warisan Budaya Tak Benda dari UNESCO

Trending Now

Iklan