Iklan

Yayasan Roudlotul Qur'an Al Hidayah Jambi Gelar Diklat Bahasa Arab Metode Muyassaroh Level Dasar

24 September 2024 | 6:22 AM WIB Last Updated 2024-09-26T02:02:51Z


Jambi, Wartapembaruan.co.id
- Banyak manfaat apabila seseorang mau mempelajari bahasa Arab, diantaranya memudahkan dalam memahami, menghafalkan isi dari Al-Qur’an. Umat Islam dengan mempelajari bahasa Arab juga dapat mengajarkan serta mengamalkan isi Al-Qur’an dengan lebih mudah. 

Menindaklanjuti pentingnya belajar bahasa Arab, Yayasan Roudlotul Qur'an Al Hidayah Jambi menggelar Diklat Bahasa Arab Metode Muyassaroh Level Dasar di Guest House Syari'ah Karya yang beralamat di Kelurahan Pematang Sulur, Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi. 

Diklat tersebut dilaksanakan selama dua hari, mulai hari Sabtu - Minggu (14-15 September 2024) dan diikuti oleh para Dewan Guru, Santri RQ, RQ Gaza juga masyarakat umum yang antusias ingin belajar cara cepat memahami bahasa Arab.

Selaku Ketua Yayasan Roudlotul Qur'an Al Hidayah, Ummi Mahbubah Maharani menjelaskan, dilaksanakannya Diklat untuk memudahkan memahami bahasa Arab, sehingga bisa mengerti arti ayat-ayat Al Qur'an dan akan lebih mudah untuk mengamalkan isi kandungan Al Qur'an. 

"Bahasa Arab adalah bahasanya ahli Surga, dengan memahami bahasa Arab maka kita akan sangat mudah untuk mengerti isi kandungan ayat-ayat Al Qur'an, ketika kita sudah faham maka kita akan mudah untuk mengamalkannya," ujar Wanita yanga akrab disapa Ummi Rani

Ummi Maharani juga berharap, para peserta Diklat bisa berbahasa arab dalam percakapan sehari-hari di pondok pesantren, bisa berkhitobah (pidato) berbahasa arab, bisa membaca Kitab Kuning, memahami arti ayat-ayat Al Qur'an, serta mahir berbahasa Arab. 

"Saya berharap kedepannya para santri bisa menggunakan bahasa Arab selama komunikasi di Pondok Pesantren, bisa Khitobah, bisa membaca Kita Kuning dan apabila diberi kesempatan untuk kuliah ke Arab, bisa berbahasa Arab," harapnya

Kegiatan Diklat tersebut dalam rangka training kemampuan para pendidik dan santri senior di Yayasan RQ sebagai penunjang rogram unggulan RQ.

Berikut program-program unggulan RQ

1. Tartil & Tahfizh AL-QUR'AN Metode UMMI 

2. Hadist Arbain Metode IMTIYAZ 

3. Bahasa Arab Metode MUYASSAROH


(M. Rasyid)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Yayasan Roudlotul Qur'an Al Hidayah Jambi Gelar Diklat Bahasa Arab Metode Muyassaroh Level Dasar

Trending Now

Iklan