Iklan

Pernah Dijadikan Lokasi Seremonial, Taman Wisata Danau Gatal Desa Pematang Jering Saat Ini Terbengkalai

25 September 2024 | 8:22 PM WIB Last Updated 2024-09-25T13:22:11Z


Wartapembaruan.co.id - Muaro Jambi,
Pernah dijadikan lokasi pembukaan Festival Candi Muaro Jambi pada bulan Juli tahun 2023 yang lalu, Destinasi Taman Wisata Danau Gatal yang berada tepat dibelakang Rumah Kepala Desa Pematang Jering, saat ini terkesan terbengkalai. 

Sepertinya tempat ini hanyalah dijadikan lokasi penyelanggaraan kegiatan seremonial semata, launching promosi wisata yang diharapkan pemerintah daerah Kabupaten Muaro Jambi dan provinsi Jambi mampu mendongkrak laju perekonomian masyarakat melalui sektor wisata sepertinya tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Harapan itu pernah disampaikan oleh Gubernur Jambi Al Haris, lewat kegiatan pembukaan Festival Candi Muaro Jambi FCMJ 2023. Menurut Al Haris waktu itu, Festival yang digelar seperti ini, setidaknya mampu menjadi salah satu upaya untuk mengenalkan sekaligus mempromosikan kekayaan budaya dan kearifan lokal, serta pariwisata dan juga kuliner khas daerah. Dan melalui Destinasi Wisata itu sendiri nantinya yang akan mampu membangkitkan gairah UMKM yang ada di daerah setempat. Dimana UMKM sendiri merupakan tulang punggung perekonomian masyarakat.

Pariwisata menjadi salah satu sektor prioritas yang dapat menggerakkan lokomotif perekonomian masyarakat dan daerah. Potensi wisata dengan keragaman budaya dan kearifan lokal harus dikelola dan dikembangkan secara optimal. 

Al Haris juga berharap Festival Candi ini dapat memunculkan motivasi dan inspirasi untuk terus menggali berbagai potensi lokal yang dimiliki oleh Kabupaten Muaro Jambi khususnya dan Provinsi Jambi pada umumnya dengan cara mengelolanya secara maksimal, misalnya melalui travel video dengan menjadikan pariwisata lokal sebagai content marketing. "Festival Candi ini dapat memunculkan motivasi dan inspirasi untuk terus menggali berbagai potensi lokal yang dimiliki oleh kabupaten, melalui travel video dengan menjadikan pariwisata lokal sebagai content marketing," kutipan penyampaian Gubernur Jambi Al Haris.

Namun kenyataannya, Destinasi Wisata Danau Gatal yang pernah menjadi saksi penyelanggaraan Festival Candi Muaro Jambi tersebut, saat ini semacam terbengkalai. Penjelasan Kepala Desa Pematang Jering " A.Rasyid " melalui pesan singkat via WhatsApp, Rabu (25/9/2024), saat ini Destinasi Wisata Danau Gatal belum dikelola pihak Bumdes Desa Pematang Jering. Dirinya membenarkan jika lokasi Taman Wisata Danau Gatal memang pernah dijadikan lokasi pembukaan Festival Candi Muaro Jambi dan pengenalan objek wisata Danau Gatal Desa Pematang Jering.



(Dn)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pernah Dijadikan Lokasi Seremonial, Taman Wisata Danau Gatal Desa Pematang Jering Saat Ini Terbengkalai

Trending Now

Iklan