Iklan

Lokasi Seismik Petrochina Kebakar Di Duga Akibat kelaalaian

05 September 2024 | 8:34 PM WIB Last Updated 2024-09-05T13:34:38Z


Jambi, Wartapembaruan.co.id
– Terus terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Provinsi Jambi, pagi ini pukul 08.33 tampak kepulanan asap yang terjadi di Lokasi Sesismik Petrochina tepatnya Hutan Lindung Gambut (HLG) Londerang di Teluk Dawan, Muara Sabak Barat, Tanjung Jabung Timur, Kamis (05/09/2024).

Direktur Perkumpulan Hijau, Feri Irawan mengatakan ini menjadi perhatiaan kita bersama terkait adanya kebakaran hutan dan lahan (Karhutlah) di Jambi. Pagi ini di Lokasi Seismik Petrochina terjadi kebakaran, seolah Petrochina tidak peduli dengan potensi terjadinya kebakaran lahan di musim kemarau ini.

“Bahkan di saat tim penanggulangan dan pengendalian kebakaran lahan sedang berjibaku untuk melakukan pencegahan dan penanganan lahan yang kebakar, malah Petrochina melakukan aktifitas seismik dalam wilayah gambut yang berpotensi sangat besar  mengakibatkan terjadinya kebakaran lahan di lokasi sesimik mereka,” jelas Feri Irawan.

Mengingat Petrochina harusnya menghentikan terlebih dahulu aktifitasnya yang bisa memicu kebakaran hutan dan lahan karena kondisinya sangat sensitif, apa lagi sekitaran HLG Londrang yang sampai sekarang belum terkendali dari kebakaran.

Feri Irwan menegaskan, Ini jelas kelalaian dari Petrochina yang tidak memiliki deteksi dan mitigasi dini terhadap potensi kebakaran lahan terutama di lahan Gambut.

“Meminta pihak kepolisian harus segera menginvestigasi kelalaian yang terjadi dilakukan oleh Petrochina agar dilakukan penegakan hukum apabila ditemukannya tindak pidana yang mengakibatkan kebakaran hutan dan lahan,” ungkapnya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Lokasi Seismik Petrochina Kebakar Di Duga Akibat kelaalaian

Trending Now

Iklan