Iklan

Gelar Lomba Jurnalistik, Kapolda Riau: Strategi Wujudkan Pilkada Riau 2024 Damai

warta pembaruan
09 September 2024 | 11:50 PM WIB Last Updated 2024-09-09T16:50:32Z


RIAU, Wartapembaruan.co.id
- Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal resmi membuka Lomba Jurnalistik Polda Riau. Ia menilai strategi cooling system melalui media massa ampuh untuk wujudkan Pilkada 2024 yang aman dan damai di Bumi Lancang Kuning.

Mantan Kadiv Humas Polri ini mengatakan, sistem pendinginan atau cooling system merupakan strategi Polda Riau untuk menciptakan Pilkada 2024 yang aman dan damai. Dikatakannya, manajemen media merupakan variabel penting dalam cooling system. Dengan menggandeng media massa membuat narasi-narasi positif agar masyarakat untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan meski berbeda pilihan.

"Ini adalah strategi. Cara kepolisian dan TNI, untuk melakukan pendinginan suasana Pilkada,” kata Irjen Iqbal, Senin (9/9/2024).

"Kita mau implementasikan agar hoaks dan sebagainya tidak marak. Sebaliknya kalau kita sampaikan kedamaian, cooling system oleh semua maka kedamaian akan tercipta," lanjut Irjen Iqbal.

Lomba dibuka langsung Kapolda Riau Irjen Muhammad Iqbal di ruang Media Center 91 Polda Riau. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Diskominfotik Provinsi Riau Ikhwan Ridwan, Ketua Bawaslu Riau Alnofrizal, Ketua KPU Riau Rusidi, Waka Polda Riau Brigjen Polisi K Rahmadi, termasuk ketua organisasi wartawan seperti dari IJTI, PWI, AJI dan organisasi wartawan lain di wilayah Riau.

Iqbal menegaskan Pilkada 2024 Damai bukan hanya tugas TNI-Polri saja, namun semua pihak harus ikut berperan untuk menyampaikan pesan kedamaian dalam pesta rakyat yang berlangsung pada 27 November mendatang.

"Pilkada damai bukan hanya TNI dan polisi, tapi semua terlibat. Maka harus dilakukan manajemen dan hari ini resmi kita buka lomba ini mulai 9 September-9 Desember. Artinya 3 bulan ini," jelasnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Riau Kombes Anom Karabianto menerangkan, lomba ini sebagai wadah jurnalis dan masyarakat untuk bisa berkarya. Khususnya dalam menyukseskan Pemilukada Riau yang aman dan damai.

"Melalui lomba ini kami berharap kedepan bisa memenuhi ruang media dengan pemberitaan positif terkait pelaksanaan tahapan Pilkada 2024 di wilayah Riau. Tak terkecuali perjuangan petugas di lapangan," ujar Anom.

Ia menambahkan informasi mengenai perlombaan jurnalistik dengan tema Peranan Polri dalam Mewujudkan Pilkada Riau 2024 Damai bisa dilihat di akun Instagram @LPJ.2024. Masyarakat umum hingga mahasiswa dapat mendaftar dengan ketentuan yang telah diatur panitia.

"Mahasiswa, umum, pelajar semua dapat berpartisipasi. Tentu semua sesuai dengan kategori yang kami siapkan," imbuhnya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Gelar Lomba Jurnalistik, Kapolda Riau: Strategi Wujudkan Pilkada Riau 2024 Damai

Trending Now

Iklan