Iklan

Dukung Ekosistem Kewirausahaan, Kemnaker Selenggarakan Forum Perluasan Kesempatan Kerja Tahun 2024

warta pembaruan
29 September 2024 | 4:05 PM WIB Last Updated 2024-09-29T09:05:34Z


Jakarta, Wartapembaruan.co.id
- Guna mendukung ekosistem kewirausahaan, terutama dalam memberikan akses pelatihan, modal dan pasar bagi wirausaha pemula dan UMKM di Indonesia, Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), menyelenggarakan Forum Perluasan Kesempatan Kerja Tahun 2024, yang berlangsung di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Sabtu (28/9/2024) malam.

“Kami di Kemnaker akan selalu mendorong kewirausahaan sebagai salah satu program prioritas,” kata Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah dalam sambutan pembukaan Forum Perluasan Kesempatan Kerja Tahun 2024.

Menurut Ida, pengangguran menjadi masalah ketenagakerjaan krusial di Indonesia karena berdampak sangat luas terhadap ekonomi, sosial dan kesejahteraan masyarakat.

Data Sakernas bulan Februari 2024 menyebut, jumlah pengangguran di Indonesia mencapai 7,2 juta orang, dengan tingkat pengangguran terbuka (TPT) sebesar 4,82 persen. Jumlah tersebut telah mengalami penurunan sekitar 790 ribu orang atau 0,6 persen dari periode yang sama di tahun sebelumnya.

“Meski mengalami penurunan, pengangguran tetap menjadi tantangan terbesar karena masih banyak jutaan orang yang belum terserap lapangan kerja,” ujarnya.

Pengangguran dan wirausaha lanjut Ida Fauziyah memiliki hubungan yang saling berkaitan satu sama lain. Hal tersebut dikarenakan wirausaha menjadi pilihan bagi mereka yang tidak berhasil mendapatkan pekerjaan formal.

“Dengan menciptakan lapangan kerja, seseorang tidak hanya dapat mengurangi pengangguran tetapi juga menciptakan lapangan kerja untuk orang lain,” ucapnya.

Dirjen Binapenta dan PKK Kemnaker, Haryanto di tempat yang sama menyatakan, forum perluasan kesempatan kerja bertujuan memberikan wawasan kepada para wirausaha dengan menumbuhkan mindset wirausaha yang inovatif.

“Saya yakin melalui forum perluasan kesempatan kerja, dapat tercipta ekosistem kewirausahaan yang tumbuh secara optimal, tangguh, dan berkelanjutan,” kata Haryanto.

Pada kesempatan ini juga dilakukan peluncuran layanan Bizhub dalam rangka penguatan kelembagaan dan jejaring melalui kolaborasi dengan mitra-mitra perluasan kesempatan kerja yaitu PT BNI Tbk, ILUMNI FH UNPAR, GoTo Tbk, serta Goes Halal Nusantara.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dukung Ekosistem Kewirausahaan, Kemnaker Selenggarakan Forum Perluasan Kesempatan Kerja Tahun 2024

Trending Now

Iklan