Pakpak Bharat, Wartapembaruan.co.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pakpak Bharat melalui Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan (Disparbud), menggelar pelatihan Pengelolaan Usaha Homestay/Pondok Wisata.
Kepala Bidang Pariwisata, Sekjen Padang kepada wartawan, Selasa (24/9/2024), menyampaikan, pelatihan ini digelar selama 3 (Tiga) hari, dimulai 23 September hingga 25 September.
Kata Sekjen, peserta yang mengikuti pelatihan ini, sebanyak 40 orang, dan diutamakan bagi yang sudah berpraktik dalam mengelola homestay/pondok wisata.
Untuk menguatkan kegiatan pelatihan ini, Sekjen mengaku juga langsung menghadirkan narasumber, yaitu YAFA GEA Founder Go Nias Tour.
Dan adapun tujuan pelatihan pengelolaan usaha Homestay/Pondok Wisata ini, yaitu untuk meningkatkan pengetahuan, motivasi, dan kompetensi pengelola usaha homestay/pondok wisata agar lebih profesional dan berkualitas dalam memberikan pelayanan kepada wisatawan.
Kata Sekjen, ada beberapa sasaran yang harus dicapai dari pelatihan ini, yaitu, pertama, peserta mengetahui dan memahami karakteristik pelayanan homestay/pondok wisata.
Kedua, peserta mengetahui dan memahami standar homestay/pondok wisata yang berlaku di Indonesia dan negara-negara ASEAN; dan terkahir,ketiga, peserta mengetahui dan memahami pengelolaan homestay/pondok wisata yang profesional.
Diketahui sebelumnya, hari pertama pelatihan ini, Senin (23/9/2024), dibuka langsung oleh Plt Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Maranatha Padang.
Plt Kadis Pariwisata dan Kebudayaan berpesan kepada seluruh peserta, agar mengikuti pelatihan ini dengan baik. "Jangan kita-kita sia-siakan pelatihan ini, mari kita ikuti dengan baik, agar pengelolaan Homestay didaerah kita ini lebih maju dan berkembang," pesan Maranatha.(Sibanu)