Iklan

Anton ST MM, Generasi Emas, Sesak Napas

warta pembaruan
21 September 2024 | 5:38 PM WIB Last Updated 2024-09-21T10:38:48Z


Rokan Hulu, Wartapembaruan.co.id
- Selama 20 tahun Anton ST MM, mengabdi sebagai abdi negara di Pemkab Rohul, Ia tidak hanya andal sebagai birokrat yang berpengalaman dalam membenahi infrastruktur di Negeri Seribu Suluk ini. 

Dari lika-liku pengabdiannya itu, Anton banyak juga menemukan ‘butir mutiara’ untuk memperkaya dan mengasah pikirannya dalam menjangkau cita-cita luhurnya membangun dan mensejahterakan masyarakat Rohul ke depan. 

Bahkan jika terpilih sebagai Bupati Rohul bersama pasangannya Syafaruddin Poti, Anton juga akan bekerja keras untuk menyiapkan generasi muda di Negeri Seribu Suluk ini menuju ‘Generasi Emas 2045’.

Kabupaten Rokan Hulu, tambah Anton, tak boleh ketinggalan kereta menyongsong ‘Indonesia Emas 2045”.  

Pada tahun 2045, Indonesia berusia satu abad. Saat ini Indonesia mendapatkan bonus demografi yaitu jumlah penduduk Indonesia 70%-nya dalam usia produktif (15-64 tahun), sedangkan sisanya 30% merupakan penduduk yang tidak produktif (usia dibawah 14 tahun dan diatas 65 tahun) pada periode tahun 2020-2045. 

Menyikapi hal tersebut Anton segera siaga satu untuk menyiapkan jurus menjawab tantangan ini agar anak-anak Rohul kelak sukses menjadi ‘Generasi Emas 2045”. 

Anton akan meningkatkan kualitas pendidikan di Rohul dengan beragam langkah. Fasilitas yang menunjang kualitas anak didik terus ditingkatkan secara merata. 

“Jangan ada lagi jurang pemisah sekolah di kota lebih mentereng dari pada di desa. Generasi muda di Rohul harus seiring sejalan sukses meraih pendidikan hingga di perguruan tinggi berkualitas. 

Itulah sebabnya Anton akan memperluas akses pendidikan, mulai dari pendidikan dasar hingga perguruan tinggi, meningkatkan kompetensi dan kesejahteraan guru, dan melakukan investasi dalam pelatihan, dan lainnya, 

Dan bagi Anton itu saja masih belum cukup. Para generasi muda tersebut harus ditempa fisik dan mentalnya melalui kegiatan pramuka serta aktif berolah raga. 

Menurut Anton, untuk apalah orang pintar tapi sakit-sakitan. Pria kelahiran Pekanbaru sudah lama menyadari makna dari Mensana  in corpore sano (Dalam jiwa seseorang yang sehat, maka tubuhnya akan sehat juga).

Para generasi muda, tambah Anton, mulai dari anak-anak harus dibiasakan berolah raga seperti main bola, berenang, sesuai usianya. 

Sehingga ketika memasuki usia remaja sudah terbiasa untuk olah raga main bola, bola volley, bulu tangkis, jalan kaki, dan lainnya sudah menjadi kegiatan rutin sehari-hari. Aktifitas ini  akan semakin membuat mereka tumbuh berkembang dalam keadaan sehat fisik dan rohani.

Dan akan semakin membara pula jika para generasi muda ini aktif mengikuti kegiatan pramuka.  

Setiap generasi muda yang aktif dalam kegiatan pramuka, tambah Anton, akan tampil sebagai  generasi yang tangguh, disiplin, berbudi luhur,  dengan mengedepankan semangat persatuan dan kesatuan serta cinta tanah air. 

Untuk menyiapkan generasi emas 2045 ini memiliki kecerdasan yang komprehensif, yakni produktif, inovatif, Damai dalam interaksi sosialnya, dan berkarakter yang kuat, sehat, menyehatkan dalam interaksi alamnya, dan berperadaban unggul sangat diperlukan perhatian yang kokoh dari Pemkab Rohul.  

Makanya jika terpilih menjadi Bupati Rohul bersama wakilnya Syafaruddin Poti, Anton akan memperkuat peran Pemkab Rohul mendukung kegiatan ini. 

Dukungan tidak hanya dalam bentuk anggaran, tapi memperkuat peran dinas terkait, peran camat, Kepala Desa untuk bekerja sama mengajak masyarakat turut aktif mendorong para generasi muda Rohul menuju “Generasi Emas 2045”. (affan)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Anton ST MM, Generasi Emas, Sesak Napas

Trending Now

Iklan