Iklan

Pengusaha Sukses Andi Gani Sumbang Penyelenggaraan Tour de Linggarjati Rp250 Juta

warta pembaruan
06 Agustus 2024 | 5:04 PM WIB Last Updated 2024-08-06T10:04:41Z


Kuningan, Wartapembaruan.co.id
- Andi Gani Nena Wea, pengusaha sukses, yang juga putra mantan mendiang Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans), Jacob Nuwa Wea, menyumbang ratusan juta demi kesuksesan Tour de Linggarjati (TdL) yang memasuki tahun ketujuh penyelenggaraan pada tahun 2024 ini.

Event balap sepeda berskala internasional ini merupakan salah satu acara tahunan terbesar dan paling dinantikan di Kabupaten Kuningan.

Andi Gani yang dilahirkan di Kuningan ini ternyata sangat peduli terhadap tanah kelahirannya. Tahun ini, Andi Gani meyumbang acara TdL dengan tota Rp250 juta.

Dana tersebut berasal dari perusahaan-perusahaan miliknya yaitu dari PT Ajaib sebesar Rp100 juta.  PT Indika Energy juga sebesar Rp100 juta, dan PT Asuransi Cakrawala Proteksi sebesar Rp 50 juta.

Menurut Andi Gani, Tour de Linggarjati (Tdl) tidak hanya merupakan ajang balap sepeda tetapi juga kesempatan untuk mempererat kebersamaan dan gotong royong di tengah masyarakat.

"Acara ini menyatukan pesepeda dan penonton dari berbagai kalangan, mencerminkan semangat kami untuk membangun Kuningan yang lebih baik.  Sebagai seorang putra pituin Kuningan, saya sangat memahami pentingnya promosi pariwisata, sehingga Tour de Linggarjati ini sebagai platform efektif untuk menonjolkan keindahan alam dan potensi wisata Kuningan kepada audiens internasional," ujar Andi Gani.

Selain itu, dukungan terhadap acara ini turut membangun citra positif Kuningan sebagai daerah yang dinamis, peduli olahraga, dan memiliki potensi wisata yang besar, pungkas Andi.

Ketua penyelanggara Tour de Linggarjati, Uu Kusmana menuturkan, dengan dukungan Andi Gani Nena Wea, panitia penyelenggara bernafas lega dan memastikan acara balapan ini bisa berlangsung dengan kualitas terbaik.

Mulai dari fasilitas yang memadai hingga hadiah yang menarik. Event ini memerlukan anggaran besar untuk memastikan penyelenggaraan yang sukses.

“Anggaran utama acara ini telah didukung oleh APBD, serta kontribusi dari Bank Jabar Banten (BJB) dan berbagai sponsor lainnya. Kontribusi signifikan dari Pak Andi Gani menjadi tambahan sangat penting yang memperbesar skala acara dan mendukung keberhasilan Tour de Linggarjati,” tutur Uu Kusmana, Minggu (4/8/2024).

Uu yang saat ini menjabat sebagai Kepala Disdikbud Kuningan ini menjelaskan, sejak penyelenggaraan pertama pada tahun 2015 hingga tahun ini atau yang ke-7 kali, Andi Gani bisa disebut penyandang dana tetap.

"Pengusaha asal Desa Haurkuning, Kecamatan Nusaherang itu selalu memberikan dukungan yang sangat luar biasa. Kontribusinya yang konsisten tidak hanya membantu dalam keberlangsungan acara tetapi juga meningkatkan kualitas dan cakupan Tour de Linggarjati,” jelas Uu.

Sementara Pj Bupati Kuningan, Raden Iip Hidajat menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Andi Gani yang sudah mendukung dan memberikan bantuan demi kesuksesan penyelenggaran Tour de Linggarjati. 

“Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Andi Gani Nena Wea atas dedikasi dan kontribusi luar biasa yang telah beliau berikan untuk pembangunan Kabupaten Kuningan. Dukungan Bapak Andi Gani  ini sangat berarti bagi kesuksesan Tour de Linggarjati dan pengembangan daerah kami secara keseluruhan,” pungkas Raden Iip. (Azwar)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pengusaha Sukses Andi Gani Sumbang Penyelenggaraan Tour de Linggarjati Rp250 Juta

Trending Now

Iklan