Iklan

Partai Buruh Jatim Deklarasi Dukung Khofifah-Emil di Pilgub Jatim

warta pembaruan
28 Agustus 2024 | 12:25 PM WIB Last Updated 2024-08-28T05:25:31Z


Surabaya, Wartapembaruan.co.id
-  Partai Buruh mendeklarasikan dukungan untuk Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak sebagai Calon Gubernur (Cagub) dan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) di Pilgub Jatim 2024.

Ketua Exco Partai Buruh Jatim, Jazuli, mengungkapkan pihaknya memiliki sejumlah pertimbangan untuk mendukung Khofifah-Emil, di pilkada Jatim 2024, terutama keberpihakan terhadap kaum buruh di Jatim.

"Setelah melalui proses yang panjang diskusi dalam rapat kerja membahas bagaiamana pilihan kami, sudah tidak ada kata tidak kita wajib hukumnya mendukung Ibu Khofifah, ibunya buruh Jatim yang selama ini berkontribusi besar terhadap kaum buruh," kata Jazuli, di Surabaya, Selasa (27/8).

Jazuli menuturkan, salah satu jasa Khofifah saat menjabat Gubernur Jatim, kebijakannya memberi jalur afirmasi pada PPDB sebesar lima persen bagi anak-anak buruh. Langkah Khofifah itu, sambungnya, merupakan yang pertama dan satu-satunya di Indonesia.

"Peran beliau terhitung sejak 2019 pertama kali dan satu-satunya di Indonesia pendidikan untuk anak buruh afirmasi 5 persen," tutur Jazuli.

Tak hanya itu, Jazuli juga mengatakan, Khofifah merupakan satu-satunya gubernur yang mau menyampaikan keberatan buruh terhadap Undang-Undang Cipta Kerja atau omnibus law, ke pemerintah pusat.

"Lima tahun sudah terbukti keberpihakan Ibu Khofifah dan Pak Emil, satu-satunya gubernur yang mengantarkan aspirasi kita ketemu dengan pemerintah pusat terkait dengan omnibus law," kata Jazuli.

Tak cuma itu, Jazuli juga menyebut, Khofifah merupakan gubernur yang berani menetapkan upah minimum di Jatim di atas aturan UU Ciptaker.

"Satu-satunya gubernur di Indonesia yang berani menetapkan upah minimum di atas omnibus law itu adalah Gubernur Jatim," kata dia.

Lewat dukungan ini, Partai Buruh pun berharap kepemimpinan Khofifah-Emil selanjutnya akan terus berpihak pada kelas pekerja tersebut. Termasuk mendukung mereka dalam upaya mendorong revisi UU Ciptaker.

Dukungan PB kepada Khofifah ini kemudian secara resmi disampaikan oleh Ketua Mahkamah PB Riden Hatam Aziz. Mereka juga langsung memberikan form B1 KWK ke Khofifah-Emil.

Usai menerima form B1 KWK, Khofifah mengaku berterima kasih atas dukungan Partai Buruh. Ia berharap mandat yang diberikan kepadanya bersama Emil ini akan jadi tambahan kekuatan untuk memenangkan Pilgub Jatim 2024.

"Ini akan jadi bagian dari penguatan kelengkapan administratif, yang InsyaAllah besok kita akan mendaftarkan ke KPU Jatim. Terima kasih Partai Buruh sudah memberikan mandat kepada kami, saya dan Mas Emil, mudah-mudahan menjadi kekuatan untuk bisa membangun sinergi di antara seluruh elemen partai pengusung untuk meraih kemenangan," pungkas Khofifah.

Jelang Pilgub Jatim 2024 ini, Khofifah dan Emil sudah mengantongi dukungan 10 partai. Mereka adalah PAN, Gerindra, Golkar, Demokrat, PPP, PSI, PKS, Perindo, Nasdem, dan Partai Buruh. (Azwar)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Partai Buruh Jatim Deklarasi Dukung Khofifah-Emil di Pilgub Jatim

Trending Now

Iklan