Iklan

Bupati Pakpak Bharat Ingatkan Para Orangtua Dan Anak Itu Sendiri Berperan Penting Dalam Peningkatan Literasi

warta pembaruan
06 Agustus 2024 | 5:40 PM WIB Last Updated 2024-08-06T10:40:53Z


Pakpak Bharat, Wartapembaruan.co.id
-- Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Pakpak Bharat, menggelar kegiatan "Gebyar Literasi" di Gedung Serbaguna, Kota Salak, Senin (5/8/2024).

Kegiatan yang akan berlangsung 5-9  Agustus 2024 ini, dilaksanakan sejumlah lomba oleh panitia, diantaranya, lomba mewarnai, lomba bertutur, story telling, dan lomba pidato. 

Sementara untuk kategori lomba menulis cerita rakyat Pakpak, akan diselenggarakan hingga 31 agustus mendatang.

Kegiatan dibuka oleh Sekda Jalan Berutu mewakili Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor, turut dihadiri Kepala Dispersip Dra.Erna Situmorang serta undangan lainnya.

Bupati Pakpak Bharat dalam sambutannya yang disampaikan oleh sekda, mengatakan, peningkatan Literasi bukan hanya merupakan tanggungjawab guru serta pemerintah dan masyarakat saja akan tetapi para orang tua dan anak itu sendiri berperan penting dalam peningkatan literasi, terutama orangtua juga sebagai guru pertama anak, sangat berperan panting membiasakan literasi anak sejak usia dini dan praliterasi.

"Literasi merupakan kemampuan seseorang dalam mengolah dan memahami informasi saat melakukan proses membaca dan menulis. Dalam perkembangannya, definisi literasi selalu berevolusi sesuai dengan tantangan zaman.Saat ini, istilah Literasi sudah mulai digunakan dalam arti yang lebih luas. Kini ungkapan literasi memiliki banyak variasi, seperti Literasi media, literasi komputer, literasi sains, literasi sekolah, dan lain sebagainya," jelas bupati dalam sambutannya.

Menurut Franc Bernhard Tumanggor, Indonesia saat ini, tengah mengalami krisis literasi.


"Menurut data UNESCO, minat baca masyarakat Indonesia sangat memprihatinkan, hanya 0,001%. Artinya, dari 1,000 orang Indonesia, cuma 1 orang yang rajin membaca. Masyarakat Indonesia seakan enggan dan tidak peduli betapa pentingnya budaya literasi di tengah derasnya arus globalisasi. Padahal literasi sangat berperan penting dalam kehidupan masyarakat yang berkarakter. Pendidikan memiliki peran sebagai fondasi awal untuk meningkatkan pemahaman dalam membaca maupun menulis dan budaya yang dibiasakan sejak dini untuk membaca dan menulis agar minat dalam membaca dan menulis dapat meningkat," jelas bupati kemudian.

Sekda juga menegaskan, tolak ukur dalam mengikuti kegiatan ini jangan hanya untuk juara saja.

"Namun sesungguhnya nilai penting yang kita petik adalah momentum Gebyar Literasi diwujudkan sebagai media dan sarana belajar  dan berkompetisi para siswa/i SD, SMP dan SMA yang berkaitan dengan peningkatan literasi," ucap sekda diakhir sambutannya.(Sibanu)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bupati Pakpak Bharat Ingatkan Para Orangtua Dan Anak Itu Sendiri Berperan Penting Dalam Peningkatan Literasi

Trending Now

Iklan