Iklan

Wabup Pakpak Bharat Buka Pesta Budaya Oang-oang Tahun 2024

warta pembaruan
27 Juli 2024 | 3:32 PM WIB Last Updated 2024-07-27T08:32:59Z


Pakpak Bharat, Wartapembaruan.co.id
- Wakil Bupati (Wabup) Pakpak Bharat Mutsyuhito Solin mewakili Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor, membuka kegiatan pesta Budaya Oang-oang Tahun 2024, di Kasean Banurea, Napasengkut, Sabtu (27/7/2024).

Pembukaan kegiatan akan berlangsung selama 2 (Dua) ini, hingga besok, ditandai dengan pemukulan genderang oleh Wabup; Sekda Jalan Berutu; Kapolres Pakpak Bharat AKBP Oloan Siahaan, tokoh masyarakat; tokoh adat serta yang lainnya.

Dalam kesempatan itu, wabup dalam sambutannya menyampaikan, pelaksanaan pesta Budaya Oang-oang tahun ini dilaksanakan dengan sederhana dan berbeda dari tahun sebelumnya.

Menurut wabup, pelaksanaan Pesta Budaya Oang-oang tahun sebelumnya, disuguhkan dengan pelaksanaan karnaval oleh opd, kecamatan, instansi vertikal serta swasta dan juga penampilan tari kolosal melibatkan banyak orang.

"Namun pada pesta oang-oang tahun ini kita isi dengan lomba budaya, berupa lomba persinabul, lomba membayu, lomba fashion show, nuansa pakpak, dan lomba menyanyi pakpak," kata Mutsyuhito Solin.

Kata wabup, ia berharap, lewat acara lomba yang dilaksanakan dalam kegiatan ini dapat menumbuhkan minat dan kecintaan para generasi penerus terhadap budaya pakpak.

"Kita tahu bahwa eksistensi suatu komunitas ditentukan oleh nilai budaya yang tetap diaplikasikan dalam kehidupan keseharian. Kita menengenal seseorang atau komunitas adalah lewat adat dan budaya yang dimiliki," ungkap wabup.

Mutsyuhito juga berpesan dalam pertandingan yang akan dilaksanakan agar dinilai dengan secara adil dan tertib dan tetap menjaga sportifitas.

"Siapapun yang menjadi pemenang jangan langsung berbangga hati, dan bagi yang belum menang, agar tetap semangat untuk mengasah kemampuannya. Untuk dewan juri agar memberikan penilaian secara objektif," pungkas Mutsyuhito Solin.

Setelah acara pembukaan kegiatan, langsung dilanjutkan dengan pelaksanaan acara perlombaan.(Sibanu)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Wabup Pakpak Bharat Buka Pesta Budaya Oang-oang Tahun 2024

Trending Now

Iklan