Iklan

Prima DMI Kalbar Hadiri Rakernas 2024 di Jakarta

warta pembaruan
10 Juli 2024 | 11:43 PM WIB Last Updated 2024-07-10T16:43:34Z


Jakarta, Wartapembaruan.co.id
- Perhimpunan Remaja Masjid Dewan Masjid Indonesia (Prima DMI) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) fokus dalam tema besar memakmurkan dan dimakmurkan masjid, di Jakarta pada 5-7 Juli 2024.

Acara Rakernas ini merupakan agenda penting bagi PRIMA DMI, bertujuan merumuskan strategi dan program kerja guna memperkuat peran PRIMA DMI dalam memajukan umat serta mengoptimalkan fungsi masjid sebagai pusat kegiatan keagamaan dan sosial kemasyarakatan. 

Kegiatan ini juga sebagai forum silaturahmi antara para pimpinan wilayah dan daerah PRIMA DMI se-Indonesia.

Ketua PRIMA DMI Kalimantan Barat (Kalbar) Muhammad Rifky Kalbar sangat mengapresiasi acara tersebut apalagi Prima DMI Kalbar baru pertama kali terbentuk.

"Kami beterima kasih kepada Ketua Umum Pimpinan Pusat dengan semangat membangun Prima DMI hadir seluruh Indonesia sebelumnya Prima DMI Kalbar belum ada sejak terbentuk Prima DMI pada tahun 2015," kata Rifky.

Prima DMI Kalbar baru terbentuk pada 27 Juni 2024. PP Prima DMI memberikan tugas untuk membuat Musyawarah Wilayah untuk memilih Ketua Prima DMI Kalbar.

Selama berjalan Rakernas kali ini, agenda acara pemaparan rumusan program kerja dan perumusan rekomendasi yang mana dilanjutkan sebagai acuan tambahan PP PRIMA DMI untuk dapat dilimpahkan ke program kerja PP PRIMA DMI Masa Khidmat 2024-2027 oleh perserta sidang pleno.

"Dengan adanya Rakernas ini kami mohon arahan support PP Prima DMI untuk  membentuk struktur organisasi kepengurusan Prima DMI Kalbar karena kami baru terbentuk satu bulan yang lalu," ucap Rifky.

Kalimantan Barat memiliki 14 kabupaten/kota yang perlu dibentuk kepengurusan Daerah.


Dalam Rakernas kali ini, PRIMA DMI dalam menekankan tentang berbagai program kerja seperti soal pemberdayaan ekonomi, mengoptimalkan potensi remaja masjid dalam memberdayakan dan memfungsikan masjid, pelatihan tanggap darurat kebencanaan, pemberdayaan Musilmah dan majelis ta’lim dll.

Menuturkan, Sekjend PW PRIMA DMI Jawa Barat, Ikmal Anshary, terdapat 22 dokumen yang disampaikan di sidang pleno. "Itu cakupan global kepada peranan remaja masjid untuk kemajuan bangsa dengan melalui PRIMA DMI ini lah," ucap Ikmal Anshary, Sekretaris PW Prima DMI Jawa Barat.

"Kami berterima kasih kepada panitia telah diundangnya dalam Rakernas ini kami banyak mendapatkan pengalaman dan mendengarkan program kerja PRIMA DMI dan apa yang telah dibuat PRIMA DMI wilayah lain yang sangat kreatif dan inspiratif. Semoga dapat kami adopsi jika di wilayah kami sudah selesai dengan pembentukan kepengurusan," tutur Muhammad Rifky Apriandi.

Dalam sesi penyampaian rekomendasi program kerja, PW PRIMA DMI Kalimantan Barat merekomendasi program Masjid Camp dilakukan sebulan sekali dan masuk dalam rekomendasi program kerja Prima DMI seluruh Indonesia

"Oleh karena memakmurkan masjid bagi remaja itu perlu pelatihan, ada ungkapan jika seseorang berlama-lama di suatu tempat maka orang tersebut akan mencintai tempat tersebut. Jika orang berlama-lama di dalam masjid maka orang tersebut akan mencintai masjid," tutur Rifky.

Rekomendasi selanjutnya yang disampaikan seperti menghidupkan amalan masjid 24 jam, fasilitas minimal air minum di masjid untuk jamaah masjid dan dakwah on the road agar masuk dalam program kerja nasional Prima DMI sesuai dengan tema memakmurkan masjid dan dimakmurkan masjid.

Dalam penutup Rakernas ketuk palu sidang oleh SC pada Ahad (7/7/2024), Rifky memberikan tanggapan positif terhadap penyelenggaraan acara ini.

"Kami sangat mendukung agenda RAKERNAS dan berterima kasih banyak untuk panitia pelaksana dan segenap kepengurusan PP PRIMA DMI yang telah melaksanakan Rakernas ini dengan baik dan berharap semoga hasil dari rapat kerja ini bisa memberikan dampak positif bagi memakmurkan masjid dan kesejahteraan umat," tuturnya.

"Dari Rakernas ini, kami mendapatkan guidance petunjuk dan arahan apa yang akan kami buat di wilayah dan didaerah jika kepengurusan sudah rampung semuanya" pungkas Rifky.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Prima DMI Kalbar Hadiri Rakernas 2024 di Jakarta

Trending Now

Iklan