Iklan

PJ. Gubernur NTB Silaturrahmi Bersama Pengurus LKSA Lombok Timur

warta pembaruan
28 Juli 2024 | 9:55 PM WIB Last Updated 2024-07-28T14:55:08Z


Lombok Timur - NTB, Wartapembaruan.co.id
-- Dalam rangka kunjungan ke Kabupaten Lombok Timur Pj. Gubernur NTB Mayor Jendral TNI (Purn) Hassanudin menyempatkan diri untuk bersilaaturrahmi dengan Pengurus Lembaga Kesejakteraan Anak  (LKSA) Lombok Timur bagian utara, bertempat di LKSA Khaerul Washilah desa Kembang Kuning Kec. Sikur Kab. Lombok Timur (Ahad, 28/07/24). 

Pada Silaturrahmi kali ini Pj. Gubernur didampingi Kadis Sosial Prov NTB Dr. H.Ahsanul Khalik, S.Sos., MH, dan beberapa oranh pejabat Eselon 2 Pemerintah Provinsi NTB, silaturahim kali ini merupakan bagian dari Ikhtiar Bapak Pj. Gubernur dalam membangun komunikasi dan sinergi dengan berbagai elemen masyarakat untuk memperkuat pelaksanaan pemerintahan khususnya dalam menjawab berbagai persoalan sosial kemasyarakatan.

Dalam laporannya Kepala Dinas Sosial Prov NTB menyampaikan keberadaan LKSA yang ada ditengah masyarakat sangat membantu pemerintah dalam penanganan masalah anak yatim/piatu termasuk terlantar yang karena sesuatu hal tidak mendapatkan kebutuhan kasih sayang termasuk hambatan dalam pemenuhan hak haknya dari orangtua/wali sebagaimana mestinya karena persoalan kondisi sosial ekonomi keluarga. Selain penanganan anak terlantar, beberapa LKSA juga memiliki LKS Disabilitas juga LKSA Lansia, juga berkontribusi dalam memberikan  perlindungan bagi korban kekerasan perempuan dan anak. 

Disamping itu dilaporkan juga bahwa di NTB ada sejumlah  354  LKSA yang memberi kontribusi terhadap penanganan anak terlantar sebanyak 20.488 anak dan juga masalah sosial lainnya, sementara untuk kabupaten Lombok Timur sendiri ada sejumlah 137 LKSA dan  memfasilitasi 7.260 anak.

Dalam arahannya Bapak Pj Gubernur Hassanudin, menyampaikan terimakasih dan penghargaan kepada seluruh Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak yang ada di NTB, khususnya yang ada di Lombok Timur yang telah berperan aktif dan tanpa pamrih memberikan layanan dan  perlindungan bagi anak anak terlantar juga bagi masyarakat lainnya baik yang disabilitas maupun lansia termasuk masalah sosial lainnya. 

Hassanudin menyampaikan Pemerintah selalu mendukung dengan segala kemampuan yang ada untuk memberikan bantuan bagi penyelenggaraan kesejahteraan sosial bagi masyarakat, termasuk melalui Dinas Sosial Prov maupun Kabupaten Kota. 

Karena dalam UUD Negara RI 1945 pada pasal 34 negara bertanggung jawab dalam penanganan kesejahteraan sosial termasuk permasalahan kemiskinan juga permasalahan kekerasan perempuan dan anak, kita semua berperan secara bersama untuk berkolaborasi. 

Disampaikan juga dalam menyongsong Generasi Indonesia Emas tahun 2045, Indonesia akan mendapatkan bonus demografi dimana usia produktif sangat dominan, dimana untuk menyiapkan generasi emas ini, salah satunya harus dipersiapkan dari sekarang saat usia dini. Peran LKSA sangat membantu dalam memastikan dan menyiapkan SDM yang tangguh dan berkualitas. 

Mengakhiri kunjungan silaturahimnya,  Pj Gubernur juga menyerahkan bantuan dua unit kursi roda, dan langsung diterima oleh dua orang penyandang disabilitas.

Sebelum pamit Pj Gubernur berkesempatan bercanda dan foto bersama dengan pengurus LKSA dan masyarakat yang sempat hadir menyapa pak Pj Gubernur.


(red)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • PJ. Gubernur NTB Silaturrahmi Bersama Pengurus LKSA Lombok Timur

Trending Now

Iklan