Iklan

Peningkatan Sistem Penyaluran Bantuan Sosial Melalui E-Perbansos

warta pembaruan
17 Juli 2024 | 3:06 PM WIB Last Updated 2024-07-17T08:06:26Z


SINABANG, Wartapembaruan.co.id
-- Dengan adanya inovasi  aksi perubahan kinerja  organisasi salah satu peserta PIM 3 dari dinas sosial yaitu Sri Novida, SH Kepala Bidang Pengembangan Pemberdayaan Sosial  dengan inovasi E-Perbansos adalah sebuah inovasi yg dapat mempermudahkan masyarakat untuk mengajukan atau mengusulkan proposal  bantuan ke dinas sosial hal ini sangatlah penting dimana saat ini telah menuju ke era digital sehingga perlu adanya fitur inovatif dengan berbagai keunggulan.

E-Perbansos dilaksanakan secara digital melalui situs web Dinas Sosial Kab. Simeulue https://dinsos.simeuluekab.go.id , sehingga terhubung ke internet dan dapat diakses dari mana saja dan dengan menggunakan perangkat apa saja.

Dengan mengutamakan kemudahan pengaksesannya dan juga fitur fiturnya yang sederhana dan mudah digunakan, E-Perbansos diharapkan dapat menjadi solusi baru untuk pelaporan proposal bantuan sosial oleh para calon penerimanya tanpa harus membuang waktu dan juga biaya lebih.

Program E-Perbansos bertujuan sebagai  mekanisme dan alur dalam pelaksanaan Program Sosial yang berbasis Website; Dengan Tersosialisasikannya fitur E-Perbansos Setiap data calon Penerima bantuan sosial dalam bentuk Database By Name By Address (BNBA), terintegrasi pada penerima bantuan sosial kepada seluruh staf yang ada di Bidang Pengembangan dan Pemberdayaan Sosial kepada seluruh Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) di 10 (sepuluh) kecamatan yang tersebar di Kabupaten Simeulue; tentunya dengan mengacu pada  Juknis pelaksanaan Bantuan Sosial yang ada.

Dengan adanya E-perbansos dapat memberikan manfaat antara lain Bagi Peserta, Meningkatkan efisiensi dalam pengumpulan data calon penerima bantuan sosial yang tepat sasaran serta meningkatkan kualitas pelaksanaan program bantuan sosial Bagi Instansi, Meningkatkan efisiensi bagi organisasi, terutama dalam hal pelaksanaan kegiatan penyaluran bantuan sosial;

Bagi Masyarakat, Memudahkan masyarakat untuk mengusulkan program bantuan pemerintah sehingga tidak harus mengeluarkan biaya, waktu dan tenaga yang besar.

Dengan adanya aplikasi fitur E-Perbansos dirancang untuk meningkatkan,  mengoptimalkan perumusan penginputan data masyarakat calon penerima manfaat.

E-Perbansos dapat memudahkan Bidang Pengembangan dan Pemberdayaan Sosial dalam menyajikan rekapan data yang dibutuhkan.

Namun demikian untuk mensosialisasikan hadirnya aplikasi atau fitur E-Perbansos sangatlah dibutuhkan komitmen yang kuat dari seluruh pemangku kepentingan baik dari sisi penganggaran dan stake holder serta seluruh aparatur pemerintah di Kabupaten Simeulue agar nantinya aplikasi ini dapat dipergunakan sebagaimana yang telah direncanakan.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Peningkatan Sistem Penyaluran Bantuan Sosial Melalui E-Perbansos

Trending Now

Iklan