Iklan

Kunjungi Pakpak Bharat,Ms.Fay Fay Choo Siap Kerjasama Pengembangan Dan Pemasaran Kakao Pakpak Bharat

warta pembaruan
14 Juli 2024 | 4:25 PM WIB Last Updated 2024-07-14T09:25:13Z


Pakpak Bharat, Wartapembaruan.co.id
- Satu lagi potensi perkebunan di Kabupaten Pakpak Bharat yang sudah dikenal baik masyarakat, Kakao. Belakangan ini komoditi ini cukup menarik perhatian karena nilai jualnya yang meningkat tajam beberapa waktu terakhir.

Berkaitan dengan ini pula, Ms. Fay Fay Choo (Asia Cocoa Director Mars Incorporated) berkesempatan mengunjungi Kabupaten Pakpak Bharat hari ini, guna melihat potensi pengembangan Kakao di Kabupaten ini, tepatnya di Desa Kaban Tengah, Kecamatan Sitellu Tali Urang Jehe, Sabtu (13/7/2028).

Dalam kesempatan ini, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Dan Pertanian Pakpak Bharat Adei Johan Banurea beserta jajarannya beserta TIM Teknis Lapangan (Tim Transisi) dari Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi RI turut mendampingi kunjungan lapangan pada pertanaman Kakao. 


Bersama Kepala Dinas dan masyarakat yang ingin mengetahui lebih dalam tentang konsep pertanaman Kakao terintegrasi, berdiskusi dan bertukar pikiran tentang tanaman berpotensi tinggi ini.

Ms. Fay Fay Choo menyatakan siap untuk melakukan kerjasama pengembangan kakao dalam hal budidaya hingga pemasaran. Beberapa klon yang direkomendasikan seperti Mcc02, BB1, Iccri09, S2, Mcc01 dan S1. 

Dia juga berjanji akan mendatangkan dan mengembangkan klon yang direkomendasikan tersebut di Pakpak Bharat. Sementara Kakao lokal yang kurang produktif akan diupgrade menjadi klon terekomendasi melalui sambung pucuk maupun sambung samping/sambung sisip.

"Dengan demikian Kualitasnya akan baik dan dapat diterima oleh pihak Asia Cocoa Mars Incorporatet dengan harga yang pantas dan menguntungkan bagi petani pastinya, sehingga petani mendapat nilai tambah dan meningkat kesejahteraannya, semoga, jelas ,  Ms. Fay Fay Choo.

Sebelumnya, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Adei Johan M Banurea, SP, MP turut menjelaskan tentang konsep pertanaman terintegrasi.

"Kakao ini sebenarnya dapat di tumpangsarikan dengan beberapa tanaman lainnya yang memiliki nilai ekonomi yang bagus contohnya  durian. Jika Durian kita tanam semisal berjarak 10x10 meter, ini dapat diintegrasikan dengan menanam diantaranya. Nanti kalau duriannya sudah membesar dan kakaonya juga sudah besar yang perlu diperhatikan adalah pemangkasan dan nutrisinya," jelas dia.

Sementara, Ms. Fay Fay Choo menyatakan siap untuk melakukan kerjasama pengembangan kakao dalam hal budidaya hingga pemasaran. Beberapa klon yang direkomendasikan seperti Mcc02, BB1, Iccri09, S2, Mcc01 dan S1. 

Dia juga berjanji akan mendatangkan dan mengembangkan klon yang direkomendasikan tersebut di Pakpak Bharat. Sementara Kakao lokal yang kurang produktif akan diupgrade menjadi klon terekomendasi melalui sambung pucuk maupun sambung samping/sambung sisip.

"Dengan demikian Kualitasnya akan baik dan dapat diterima oleh pihak Asia Cocoa Mars Incorporatet dengan harga yang pantas dan menguntungkan bagi petani pastinya, sehingga petani mendapat nilai tambah dan meningkat kesejahteraannya, semoga, jelas ,  Ms. Fay Fay Choo.(Sibanu)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kunjungi Pakpak Bharat,Ms.Fay Fay Choo Siap Kerjasama Pengembangan Dan Pemasaran Kakao Pakpak Bharat

Trending Now

Iklan