Iklan

Klarifikasi Dugaan Pungli Proses PPDB SMK N 1 Ujung Batu, Kepsek : Seleksi Online Berjalan Sesuai Prosedur

warta pembaruan
25 Juli 2024 | 9:24 AM WIB Last Updated 2024-07-25T02:24:43Z


Ujung Batu, Wartapembaruan.co.id
- Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMK N 1 Ujung Batu yang sempat menjadi polemik terkait dugaan pungutan liar (pungli) yang dilakukan oleh panitia PPDB, kini dibantah serta diklarifikasi oleh pihak sekolah.

Rumor yang sempat mengaitkan pihak sekolah dengan salah seorang calon orang tua siswa, inisial IH, kini sepenuhnya diklarifikasi secara detail oleh pihak sekolah. Panitia PPDB SMK N 1 Ujung Batu juga menjelaskan hal ihwal perihal anak dari IH yang tak mendapat kuota sesuai jurusan yang diinginkan.

Kepsek SMK N 1 Ujung Batu, Sardeni, S.Pd, M.Ip, saat diklarifikasi mengatakan jelas dugaan pungli yang mengarah ke pihak sekolah jelas merupakan tuduhan yang tak berdasar. "Sistem PPDB dilakukan secara online, seluruh tahapan juga dapat di lihat secara langsung lewat akun siswa, jadi celah pungli nya di mana", sebut Kepsek.

Tak hanya itu, Panitia PPDB SMK N 1 Ujung Batu juga mengatakan pernyataan salah seorang orang tua calon siswa yang kecewa karena anaknya tak mendapat kuota sesuai jurusan yang diinginkan sangat tendensius dan sepihak. 

Pihak sekolah, melalui panitia PPDB lewat klarifikasi berita menjelaskan telah memberikan alternatif pilihan jurusan lain terhadap calon siswa yang bersangkutan. "Alternatif pilihan jurusan sudah diberikan, namun yang bersangkutan menolak dan ngotot ingin di jurusan otomotif", tambah nya.

Masih terkait dugaan pungli, ketua panitia pelaksana PPDB SMK N 1 Ujung Batu Habib Dalimunte, SHI, mengatakan dugaan pungli yang dituduhkan harus disertai pembuktian yang kuat dan validitas data yang akurat. "Harus didukung pembuktian data yang akurat, jangan sampai nama baik sekolah dicemar", tambah kepsek lagi.

Terakhir, Kepsek berpesan bahwa sekolah, dalam hal ini secara terbuka menerima setiap konfirmasi yang dilakukan media, khususnya terkait pemberitaan. "Kami terbuka untuk publikasi terkait pemberitaan sekolah, tidak ada yang kami tutup - tutupi selagi masih dalam koridor kode etik pemberitaan", tutup Kepsek.(Rahmad)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Klarifikasi Dugaan Pungli Proses PPDB SMK N 1 Ujung Batu, Kepsek : Seleksi Online Berjalan Sesuai Prosedur

Trending Now

Iklan