Iklan

Dirjen Teguh Setyabudi Andalkan Sekdis Dukcapil Jaga Kualitas Layanan Adminduk

warta pembaruan
17 Juli 2024 | 2:37 PM WIB Last Updated 2024-07-17T07:37:31Z


Jakarta, Wartapembaruan.co.id
- Dirjen Dukcapil Teguh Setyabudi sangat mengapresiasi peran Sekretaris Dinas (Sekdis) Dukcapil dalam menjalankan tugasnya yang tidak sederhana, untuk meningkatkan kualitas pelayanan Administrasi kependudukan. 

Bahkan, Dirjen Teguh merasa bersyukur pada kesempatan kali pertama bisa bertemu dengan para Sekdis sebagai 'penjaga gawang' di Dinas Dukcapil provinsi dan kabupaten/kota dalam forum peningkatan kapasitas dari Direktorat Bina Aparatur Dukcapil. 

"Pinang kelapa manis nanas, senang berjumpa dengan sekretaris dinas. Senang jumpa dengan orang-orang hebat sebagai jantung organisasi Disdukcapil di daerah," kata Dirjen Teguh Setyabudi mengeluarkan jurus pantun pada pembukaan Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Aparatur Negara, Penguatan Kelembagaan dan Penguatan Peran Sekretaris Dinas Dukcapil dalam Pelayanan Adminduk, di Jakarta, Senin (15/7/2024) malam. 

Dirjen Teguh Setyabudi kemudian menjelaskan sejumlah aspek penting yang menjadi tanggung jawab Sekdis Dukcapil. Antara lain, di bidang perencanaan dan anggaran, pengawasan dan pelayanan Adminduk, ketatausahaan dan kerumahtanggaan, kerja sama dengan kepala dinas serta pembinaan jajaran pegawai. 

"Para Sekdis Dukcapil berperan menyusun dan merencanakan anggaran. Ini melibatkan alokasi dana untuk berbagai kegiatan, termasuk pengembangan sistem administrasi kependudukan dan pelatihan staf," jelas Dirjen Dukcapil.

Selanjutnya, memastikan bahwa pelayanan adminduk berjalan dengan PRIMA (Profesional-Responsif-Inovatif-Melayani-Akuntabel) dan tanpa pungli. Ini mencakup upaya memenuhi target kinerja adminduk, seperti cakupan perekaman KTP-el 99,4 persen, 50 persen kepemilikan KIA, 98 persen akta kelahiran, 75 persen Buku Pokok Pemakaman, Perjanjian Kerja Sama (PKS) dan akses data dengan minimal 15 OPD, dan penerapan Identitas Kependudukan Digital (IKD) 30% dari total cakupan perekaman KTP-el. 

Kemudian peran dan tanggung jawab para Sekdis atas aspek ketatausahaan dan administrasi internal. "Termasuk di dalamnya adalah manajemen keuangan, pengelolaan aset, dan koordinasi dengan bagian-bagian terkait." 

Tak hanya itu, para Sekdis harus memiliki kemampuan berkomunikasi dan bekerja sama dengan Kepala Dinas. "Kolaborasi ini penting untuk mencapai tujuan pelayanan publik yang optimal," cetus Teguh Setyabudi. 

Dan yang tak kalah penting, para Sekdis Dukcapil juga berperan mengemong jajaran di bawahnya agar tetap solid dan kompak. Ini melibatkan pengawasan kinerja staf, pengembangan kompetensi, dan peningkatan efisiensi. 

"Dengan peran yang kompleks dan beragam ini, Sekretaris Dinas Dukcapil menjadi tumpuan penting dalam menjaga kualitas layanan administrasi kependudukan bagi 280.7 juta penduduk Indonesia, negara dengan populasi terbesar keempat di dunia," demikian Teguh Setyabudi, Dirjen Dukcapil Kemendagri.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dirjen Teguh Setyabudi Andalkan Sekdis Dukcapil Jaga Kualitas Layanan Adminduk

Trending Now

Iklan