Iklan

Danrem 042/Gapu,Menerima Kehormatan Sebagai Pembina Lembaga Adat Melayu Provinsi Jambi

03 Juli 2024 | 7:47 PM WIB Last Updated 2024-07-03T12:47:49Z


Jambi, Wartapembaruan.co.id
~ Danrem 042/Gapu Brigjen TNI Rachmad, S.I.P menerima kehormatan Pin, keris serta Piagam Pembina Lembaga Adat Melayu (LAM) Provinsi Jambi di Acara Pengukuhan Kembali Gelar kepada 9 orang tokoh sesepuh Pemangku Adat Melayu Jambi dan Pengukuhan Danrem 042/Gapu sebagai Pembina LAM Provinsi Jambi , bertempat di Gedung Balairung LAM Provinsi Jambi, Jl. Yusuf Singadekane Kel. Sungai Putri Kec. Danau Sipin Kota Jambi. Rabu (3/7/2024).

Pengukuhan, Pemasangan Lacak (tutup kepala khas adat Jambi) dan Pin LAM Jambi tersebut dilaksanakan langsung oleh Ketua LAM Provinsi Jambi Drs. H. Hasan Basri Agus, M.M (Datuk Tumenggung Putro Joyo Diningrat) sedangkan pemasangan Keris dan penyerahan Piagam Pembina LAM Provinsi Jambi oleh Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris, S.Sos., M.M (Datuk Mangkubumi Setio Alam).

Menurut Ketua LAM Hasan Basri Agus, pengukuhan kembali para 9 orang sesepuh pemangku adat Jambi dan penetapan Danrem 042/Gapu sebagai pembina LAM Provinsi Jambi, telah melalui Rapat besar LAM Provinsi Jambi, yang dihadiri oleh para pemangku adat dan Pengurus LAM Provinsi Jambi yang selanjutnya disetujui oleh Gubernur Jambi,“ ujar Hasan Basri saat sambutannya.

Sementara itu, Gubernur Jambi H. Al Haris  mengajak semua pihak untuk bersyukur kepada Allah SWT atas rahmat kesehatan yang diberikan. 

Acara Adat hari ini memiliki momentum yang luar biasa dimana LAM Provinsi Jambi saat ini menginjak berusia 50 tahun yang terus menjadi panutan bagi masyarakat Jambi.

Gubernur berharap, setelah ditetapkan sebagai Pembina LAM Provinsi Jambi, Bersama Pembina  dapat melestarikan budaya Jambi dan menjadi pengayom bagi masyarakat Jambi mulai dari ulu sampai daerah ilir Provinsi Jambi, kata Al Haris.

Lebih lanjut Gubernur memberikan dan mengapresiasi kepada LAM Jambi, atas kinerjanya dalam membangun Adat Melayu Jambi, semoga kedepannya Adat Melayu Jambi bisa diakui orang banyak.

Dengan dilestarikan , diperlihatkan dan dibangun tentang budaya  Jambi ini, semoga Jambi lebih banyak dikenal masyarakat luas.

"Saya berharap LAM bisa memperkaya budaya dan berinovatip membangun negeri yang kita cintai dengan Adat bersendi syarak, syarak bersendi kitabullah,” tutupnya.

Sementara itu, usai acara saat ditemui Danrem 042/Gapu didampingi Sekretaris Umum LAM Provinsi Jambi Bapak Ir. H. Havis Husaini, M.M yang bergelar Adipati Mulyo Dirajo menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Gubernur Jambi dan Ketua LAM Jambi atas penghargaan yang diterimanya sebagai Pembina LAM ( Lembaga Adat Melayu) Provinsi Jambi.

“Kita berharap, LAM Jambi akan terus dilestarikan, kita jaga semua secara bersama-sama. Kegotong-royongan, persatuan dan kesatuan serta saling menghormati tetap  terjaga khususnya di wilayah Provinsi Jambi,"

"Sebagai Pembina LAM Jambi, kita mengayomi sebagaimana yang disampaikan Bapak Gubernur, bersama-sama para sesepuh dan tokoh masyarakat kita menjaga dan melestarikan budaya adat melayu Jambi agar tidak tergerus dengan kemajuan zaman dan arus teknologi,“ Pungkasnya. 

Turut hadir dalam acara tersebut, Ketua Pengadilan Tinggi Jambi, Direktur Binmas Polda Jambi, Asisten Intelijen Kejati Jambi, Ketua MUI Prov. Jambi, Kepala OPD Pemprov. Jambi, Ketua dan anggota Majelis Pemusyawaratan Adat, para Pengurus LAM Provinsi dan Kab/Kota Jambi, para Alim Ulama, Tuan Guru serta  Tokoh Masyarakat lainnya. (Penrem 042/Gapu)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Danrem 042/Gapu,Menerima Kehormatan Sebagai Pembina Lembaga Adat Melayu Provinsi Jambi

Trending Now

Iklan