Iklan

Danrem 042/Gapu Melaksanakan Peninjauan Lahan Ketahanan Pangan Terpadu Wilayah Kabupaten Tebo

06 Juli 2024 | 9:44 PM WIB Last Updated 2024-07-06T14:44:34Z


TEBO, Wartapembaruan.co.id -
Komandan Korem 042/Gapu Brigjen TNI Rachmad, S.I.P melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Kompi Senapan B Yonif Raider 142/KJ, Desa Tebing Tinggi, Kecamatan Tebo Tengah, Kabupaten Tebo, Sabtu (06/07/2024).

Adapun Kunjungan Danrem 042/Gapu kali ini dalam rangka peninjauan pengolahan lahan ketahanan pangan terpadu Kodim 0416/Bute.

Turut juga mendampingi Danrem 042/Gapu, Kasrem 042/Gapu, Kolonel Inf Eddy Basuki, Kasi Intel Kolonel Inf M. Imasfy S.E, Kasiops Kolonel Inf Ibnu Suharmanto, Kasilog Kolonel Cpl Ahmad Rasli, Danyonif  142/KJ Letkol Inf Dwi Djunaidi Mulyono serta Perwira Denzibang 3/II Kapten Czi Tendri.

Setibanya di Kompi Senapan B rombongan disambut Dandim 0416/Bute Letkol Inf Arief Widyanto , S.E., M.Han, Sekda Kab. Tebo Drs. H. Teguh Arhadi, M.M, Kapolres Tebo AKBP I Wayan Arta Ariawan, S.H., S.I.K., M.H, Kabid pengendalian dan penanganan sengketa ATR/BPN Kab. Tebo. Kabid. Pertanian Kab. Tebo. Kasubag SDA Kab. Tebo. Ibu Ernita Sekretaris dinas Lingkungan Hidup Kab. Tebo.

Kegiatan diawali dengan paparan tentang luas lahan yang dikelola untuk ketahanan pangan terpadu oleh Dandim 0416/Bute Letkol Inf Arief Widyanto S.E., M.Han, luas areal lokasi yang disiapkan seluas 210 Ha, yang berada dilokasi Pangkalan Kompi Senapan B Yonif 142/KJ.

Dalam paparannya, Dandim 0416/Bute memaparkan bahwa pengelolaan lahan sudah dimulai semenjak 3 bulan yang lalu, sudah ditanami berbagai macam tanaman pangan seperti Jagung seluas 12 Ha, Kacang Tanah, Cabe 3 Ha dan lahan yang sedang dibuka seluas 10 Ha untuk penanaman semangka. Sedangkan bidang perikanan telah dibuat kolam ikan air tawar untuk budaya ikan Lele.

Danrem 042/Gapu mengungkapkan pengelolaan lahan ketahanan pangan terpadu atau _Integreted Farming_ sebagai realisasi dan tindak lanjut dari perintah Bapak Kasad dalam rangka mendukung program ketahanan pangan pemerintah untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Kedepan akan terus dilaksanakan sosialisasi kepada masyarakat terkait program ketahanan pangan untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat itu sendiri" kata Danrem.

"Kami harap kerjasama, kolaborasi dan saling bahu-membahu dari semua pihak baik pemerintah, pihak polres dan masyarakat untuk mensukseskan program pemerintah ini," Pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama Sekda Kab. Tebo juga menyampaikan pada prinsipnya Pemerintah Kabupaten Tebo mendukung program ketahanan pangan terpadu yang dilakukan di Kab. Tebo dan akan terus berkolaborasi mulai dari tingkat Desa, Lurah sampai tingkat Kabupaten.

Dalam Wawancaranya dengan beberapa awak media, Danrem 042/Gapu menyampaikan  "Lokasi lahan Ketahanan pangan di Kompleks Kipan B Yonif 142/KJ ini merupakan aset TNI Angkatan Darat. Pada kesempatan hari ini, turut hadir dari ATR/BPN, Sekda, Kapolres dan Dinas Pertanian Kabupaten Tebo untuk melaksanaan koordinaai awal terkait lahan Kipan B Yonif 142/KJ. Rencana dari BPN akan diajukan 95,34 Ha untuk pensertifikatan dan selanjutnya secara bertahap mencapai 210 Ha."

Hal ini dilakukan sebagai langkah awal untuk menentukan kesiapan lokasi dalam penyiapan satuan baru yang memiliki kemampuan dibidang pertanian, perikanan dan perkebunan nantinya, tutup Danrem 042/Gapu. 


 (Penrem 042Gapu)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Danrem 042/Gapu Melaksanakan Peninjauan Lahan Ketahanan Pangan Terpadu Wilayah Kabupaten Tebo

Trending Now

Iklan