Iklan

Peringati 'World Hearing Day' dan 'World Cancer Day', Perhati-KL Gelar Pemeriksaan Kesehatan Telinga Gratis di Area CFD Unhas

warta pembaruan
04 Maret 2024 | 8:53 PM WIB Last Updated 2024-03-04T13:53:36Z


MAKASSAR, Wartapembaruan.co.id
-- Perhimpunan Ahli Ilmu Penyakit THT (Perhati-KL) Sulselbar, Maluku dan Papua mengadakan berbagai kegiatan untuk memeriahkan "World Hearing Day" yang setiap tahunnya diperingati pada tanggal 3 Maret dan "World Cancer Day" yang diperingati setiap tanggal 4 Februari. 

Salah satunya adalah dengan mengadakan acara pemeriksaan telinga dan konsultasi gratis di area CFD (Car Free Day) Unhas, Minggu (3/3/2024) pagi. Kegiatan dimulai dengan senam bersama yang diikuti oleh dokter spesialis THT, mahasiswa kedokteran dan juga masyarakat yang saat itu sedang berolahraga di sekitar Unhas dan dilanjutkan dengan pemeriksaan telinga gratis terhadap 41 pasien. Acara berlangsung dengan meriah.


Perlu diketahui juga, hajatan tersebut merupakan kegiatan puncak peringatan World Hearing Day yang dilakukan oleh Perhati-KL Sulselbar, Maluku dan Papua, Departemen THT FK Unhas, Komda PGPKT Provinsi Sulawesi Selatan dan kerjasama dengan PT ABDI (Alat Bantu Dengar Indonesia), PT Nobel Audiologi Center dan Lions Club.

Sebelumnya telah dilakukan kegiatan bersih-bersih telinga dan penyuluhan di Kabupaten Gowa, Posyandu di Kelurahan Karunrung, pemeriksaan telinga atlet dan siswa yang diikuti oleh ratusan peserta sebagai bagian dari rangkaian acara peringatan "World Hearing Day" dan "World Cancer Day".


Selanjutnya dilaksanakan penyuluhan kesehatan telinga serentak di masing-masing rumah sakit baik di Kota Makassar dan kabupaten di Sulawesi Selatan maupun kota-kota lain di Maluku serta Papua pada Senin 4 Maret 2024.

Pemeriksaan kesehatan telinga dan pendengaran tahun ini dilaksanakan dengan target peserta yang lebih variatif dari tahun sebelumnya. Jika tahun sebelumnya hanya dari kalangan siswa SMK dan SLB, maka tahun ini turut mengikutkan peserta balita, lansia, penderita sindrom down, atlet dan bahkan komunitas motor. 

Hal ini sesuai dengan tema "World Cancer Day" tahun ini “Close The Care Gap” dan "World Hearing Day" yakni “Let’s Make Ear and Hearing Care a Reality For All.” (*)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Peringati 'World Hearing Day' dan 'World Cancer Day', Perhati-KL Gelar Pemeriksaan Kesehatan Telinga Gratis di Area CFD Unhas

Trending Now

Iklan