Iklan

Pemerintah Ajak Perusahan Tanggulangi Tuberkulosis di Tempat Kerja

warta pembaruan
23 Maret 2024 | 1:29 PM WIB Last Updated 2024-03-23T06:29:57Z


Jakarta, Wartapembaruan.co.id
- Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mengajak semua perusahaan untuk berkomitmen tinggi serta terlibat aktif dalam menanggulangi Tuberkulosis di tempat kerja demi terwujudnya pekerja yang layak dan berbudaya Kesehatan Keselamatan Kerja (K3).

'Kemnaker mengajak semua pihak termasuk perusahaan untuk meningkatkan implementasi K3 dengan mendorong tata kelola penanganan Tuberkulosis di tempat kerja yang inklusif dan partisipatif, sehingga dapat terwujudnya pekerja layak yang berbudaya K3 demi keberlanjutan dunia usaha," ucap Direktur Jenderal (Dirjen) Binwasnaker & K3 Kemnaker Haiyani Rumondang pada kegiatan Temu Pelanggan 2024 bertema “Sinergitas Penanggulangan Tuberkulosis di Tempat Kerja untuk Menciptakan Produktivitas dalam Keberlangsungan Usaha” di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (20/3/2024), melalui siaran pers yang diterima redaksi, Kamis (21/3/2024).

Menurutnya, pemerintah memiliki komitmen yang tinggi dalam menanggulangi Tuberkulosis di tempat kerja. Hal tersebut diwujudkan dengan dikeluarkannya Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 13 Tahun 2022 tentang Penanggulangan Tuberkulosis di Tempat Kerja.

"Permenaker itu keluar sebagai bentuk keinginan kita mengeliminasi kasus tuberkulosis di tempat kerja pada tahun 2030. Indonesia masih memiliki jumlah kasus Tuberkulosis yang besar, dengan peringkat beban kasus Tuberkulosis ke-2 tertinggi di dunia," ujarnya.

Ua pun berharap melalui kegiatan Temu Pelanggan 2024 ini selain pengetahuan juga akan memberikan pemahaman tentang pencegahan Tuberkulosis dan penerapan K3 secara keseluruhan kepada semua perusahaan.

"Saya ucapkan selamat kepada perusahaan yang telah mendapatkan penghargaan dalam kepatuhan melaksanakan pengujian lingkungan kerja dan pemeriksaan kesehatan kerja dalam rangka menerapkan program perlindungan kepada pekerja," pungjasnya.

Sementara itu, Kepala Balai K3 Makassar dr.Ventje Sri Setiyanto mengatakan, kegiatan Temu Pelanggan 2024 yang diikuti 126 perusahaan ini bertujuan mengumpulkan masukan dari stakeholder untuk memberikan perlindungan kepada pekerja dan menambah wawasan inspiratif dari narasumber tentang penanggulangan Tuberkulosis di tempat kerja.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pemerintah Ajak Perusahan Tanggulangi Tuberkulosis di Tempat Kerja

Trending Now

Iklan