Iklan

Anies Tanggapi Hasil Quick Count Pilpres 2024: Kami Menghormati Hasil yang Dimunculkan dari Aspirasi Rakyat

warta pembaruan
15 Februari 2024 | 4:57 PM WIB Last Updated 2024-02-15T09:57:21Z


Jakarta, Wartapembaruan.co.id
- Penghitungan cepat suara Pilpres 2024 yang dilakukan oleh berbagai Lembaga survei nasional, menampilkan hasil sementara pasangan Calon Presiden-Calon Wakil Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming sebagai pemenang Pilpres 2024.

Menanggapi hal itu, Calon presiden (capres) nomor urut 01 Anies Baswedan menanggapi hasil hitung cepat atau quick count penghitungan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

“Saya ingin sampaikan kepada seluruh pejuang perubahan bahwa saya akan terus berada di dalam gerakan perubahan ini dan tidak akan bergeser sedikit pun,” kata Anies dalam keterangannya, Rabu (14/2/2024) malam di Jakarta.

Anies menyampaikan, bahwa pihaknya menghormati hasil penghitungan suara tersebut karena dimunculkan dari aspirasi rakyat.

“Kami ingin tegaskan, saya adalah demokrat sejati. Kami akan menghormati hasil yang dimunculkan dari aspirasi rakyat, karena itu adalah kemauan rakyat dan kita harus menghormati kemauan rakyat, kita harus menghargai Keputusan rakyat. Ini komitmen kita,” ucapnya.

Meskipun begitu, Anies juga mengatakan pihaknya juga menghormati hasil penghitungan suara yang nantinya diumumkan secara resmi oleh KPU.

“Karena itu pula, kami sampaikan kepada semua, berikan kewenangan total kepada penyelenggara pemilu yaitu KPU untuk menuntaskan tugasnya. Tugasnya bukan saja menyelenggarakan (Pemilu) seperti tadi, tapi menuntaskan proses penghitungan. Kita semua akan hargai, hormati, dan taati, itu bagian dari prinsip kita berdemokrasi. Kami memiliki komitmen itu,” tambahnya.

Diketahui, hasil sementara quick count dari lembaga survei Charta Politika pada Pilpres 2024, hingga hari ini, Kamis (15/2/2023) menunjukkan pasangan nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, unggul dengan 57,80 persen suara berdasarkan 98,20 persen suara yang telah masuk per 00.17 WIB. Sedangkan pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar mendapatkan 25,66 persen suara, dan pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD mendapatkan 16,52 persen suara.

Anies mengingatkan kepada seluruh petugas TPS-TPS di seluruh Indonesia agar tetap menjaga stamina karena ada kehormatan yang dititipkan di pundak.

“Kepada yang masih bertugas, saya yakin masih malam hari ini masih berada di TPS-TPS penghitungan suara. Saudara sekalian, jaga stamina, teruskan, tuntaskan, karena ada kehormatan dititipkan di Pundak saudara-saudara semua yang hari ini bertugas di TPS-TPS,” ungkapnya.

Anies juga mengingatkan kepada para pendukungnya bahwa perjuangan mengawal agenda perubahan masih panjang. Anies juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pengawal demokrasi di TPS-TPS di seluruh Indonesia yang masih bekerja dari pagi hingga sekarang.

“Saya ingin sampaikan terima kasih. Terima kasih tak terhingga, kepada mereka yang luar biasa berjuang dari pagi hingga sekarang di TPS-TPS di seluruh Indonesia. Terima kasih kepada pejuang perubahan yang hari ini menggalang, menjangkau, menggerakkan semua. Tapi ingat, perjuangan kita tidak berhenti malam ini. Perjuangan kita tidak berhenti besok. Perjuangan kita masih panjang,” katanya.

Anies menegaskan, bahwa ketika nanti KPU telah menetapkan hasilnya, ia akan terus melanjutkan perjuangan perubahan

“Saya ingin tegaskan, bahwa ketika nanti KPU telah menetapkan hasilnya, maka kita hormati, kita hargai, kita bekerja terus untuk perubahan. Yang kekal hanya Allah SWT. Perubahan adalah keniscayaan, makanya kita bekerja terus untuk perubahan itu,” pungkas Anies Baswedan. (Azwar)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Anies Tanggapi Hasil Quick Count Pilpres 2024: Kami Menghormati Hasil yang Dimunculkan dari Aspirasi Rakyat

Trending Now

Iklan