Iklan

Kapolresta Jambi Hadiri Apel Kesiagaan Bencana Banjir Di Halaman Kantor Damkar Kota Jambi.

13 Januari 2024 | 6:53 PM WIB Last Updated 2024-01-13T11:53:43Z


Jambi, Wartapembaruan.co.id ~
Apel Kesiagaan dalam rangka antisipasi penanggulangan Bencana Alam di wilayah Kota Jambi dilaksanakan di Halaman Kantor Damkar Kota Jambi, Sabtu 13 Januari 2024.

Kapolresta Jambi Kombes Pol Eko Wahyudi, SIK, MH., melalui Kasi Humas Ipda Deddy Haryadi, menyampaikan; Susunan Pasukan Apel Kesiagaan Bencana Banjir diikuti; 1 Pleton Personil Kodim 0415/Jambi., 1 Pleton Personil Samapta Polda Jambi., 1 Regu Personil Denpom II/2 Jambi., 3 Pleton Personil Dinas Damkar Kota Jambi., 1 Regu Personil Satpol-PP Kota Jambi., 1 Regu Personil Dishub Kota Jambi., 1 Regu Personil Dinkes Kota Jambi., dan 1 Regu Personil Disperindag Kota Jambi.

Dalam amanat pembina Apel oleh Pj Walikota Jambi, menyampaikan; Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji dan syukur ke Hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas Berkah, Rakhmat dan Karunia-Nya sehingga pada pagi yang berbahagia ini kita dapat berkumpul disini, dalam kegiatan Apel Siaga Banjir Kota Jambi Tahun 2024, semoga selalu dalam keadaan sehat wal’afiat.

Sholawat teriring salam senantiasa kita curahkan kepada junjungan kita baginda Rasulullah Nabi Muhammad SAW, dengan ucapan allahumma sholli ‘ala sayyidina muhammad wa’ala ali sayyidina muhammad. mudah-mudahan kita mendapat syafaatnya di akhir yaumil mahsyar nantinya. Amiin Yarobbal Alamiin. Bapak/Ibu Saudara-saudari yang saya hormati,

Banjir adalah peristiwa bencana alam yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan. Pendangkalan danau dan sungai serta masih terdapatnya kebiasaan masyarakat yang buang sampah sembarangan seperti di sungai, danau dan drainase menjadi masalah utama terjadinya banjir di Kota Jambi, banjir sering mengakibatkan kerusakan rumah dan pertokoan yang dibangun di dataran banjir sungai alami. Kita ketahui bahwa Intensitas hujan yang terus meningkat khususnya di wilayah Kota Jambi, kita sudah seharusnya bersiaga penuh dalam menghadapi segala kemungkinan yang ada, beberapa wilayah Kota Jambi merupakan dataran rendah dan kerentanan terjadinya berbagai jenis ancaman serta memiliki potensi bencana khususnya banjir sangat tinggi. 

Pagi ini sengaja saya kumpulkan kita semua disini sebagai antisipasi, terhadap kemungkinan terjadinya bencana banjir dan bencana lainnya menghadapi musim penghujan yang terus melanda Kota Jambi. Tentu kita berharap tidak terjadi bencana alam seperti banjir ini, namun apabila bencana itu terjadi, kita sudah memiliki kesiapan yang memadai untuk menghadapinya. Saya ingin kita bersama-sama untuk siaga terhadap bencana banjir ini. Beberapa hal yang perlu dilaksanakan, antara lain;  

(1) Disdamkar Penyelamatan, Satpol PP dan Dinas Sosial tempatkan petugas yang siaga di lokasi rawan banjir beserta peralatan nya (Perahu Karet, Dapur Umum, Tenda dan sebagainya). Koordinasikan juga dengan teman-teman Polri dan TNI. 

(2) Dinas Lingkungan Hidup lakukan Pembersihan sampah dan enceng gondok di beberapa Danau dan sungai di Kota Jambi (Danau Sipin, Danau Teluk Kenali, Danau Teluk) serta drainase. 

(3). Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang segera mulai lakukan pekerjaan pembersihan sedimentasi dan normalisasi aliran-aliran anak sungai dan drainase yang menjadi kewenangan kita dengan melibatkan masyarakat. 

(4). Kecamatan dan Kelurahan Laporkan perkembangan kondisi banjir di wilayah masing-masing kepada saya, berapa rumah tangga yang terdampak (berapa kk dan jiwa), manfaatkan Whats app Group Pemkot Jambi. Kominfo tolong dibantu untuk koordinir laporan secara periodik. Ciptakan berita yang membuat masyarakat tenang. 

(5). Seluruh perangkat daerah Kota Jambi saya ingin pro aktif mendukung kesiapsiagaan bencana banjir ini. Koordinasikan secara cepat, cermat dan terukur, saya tidak ingin adanya korban jiwa yang jatuh akibat bencana banjir ini. Kurangnya antisipasi  dan kesiapan warga, serta lambannya penanganan bencana sebagai akibat keterbatasan personil maupun peralatan menjadi kendala tersendiri, hal tersebut jangan sampai terjadi.

Kasi Humas Ipda Deddy Haryadi, menambahkan; Apel kesiagaan dilakukan sebagai bentuk kesiapan serta koordinasi dan kerjasama antara Pemerintah Kota Jambi, ormas, serta seluruh lapisan masyarakat dalam mengantisipasi penanggulangan bencana khususnya di Kota Jambi, serta Apel kesiagaan dipimpin langsung oleh Pj Walikota Jambi Sri Purwaningsih, SH, M.A.P., dan dihadiri; Kapolresta Jambi Kombes Pol Eko Wahyudi, SIK, MH., Kasdim 0415/Jambi Letkol Kav Muslim Rahim Tompo, SH, M.Si., Sekda Kota Jambi Drs.H.A Ridwan, M.Si., Kabag Ops Kompol Army Sevtiansyah, S.Kom, MH., Danramil 414-09/Telanaipura Mayor Arm Irfan Kito., Wadandenpom II/2 Jambi Mayor Cpm Sharial., para asisten Kota Jambi., Kepala OPD Kota Jambi., Unsur Forkopimda Kota Jambi., para Camat se-Kota Jambi., dan para peserta Apel ±300 orang yang tampak hadir.


(Humas Polresta Jambi)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kapolresta Jambi Hadiri Apel Kesiagaan Bencana Banjir Di Halaman Kantor Damkar Kota Jambi.

Trending Now

Iklan