Iklan

Pastikan Keterbukaan Informasi Publik, Unila Terima Tim Visitasi KI Pusat

warta pembaruan
14 Desember 2023 | 10:08 AM WIB Last Updated 2023-12-14T03:08:17Z


Bandar Lampung, Wartapembaruan.co.id
- Universitas Lampung (Unila) menerima visitasi tim Komisi Informasi (KI) Pusat dalam rangka monitoring dan evaluasi, pada Selasa, 13 Desember 2023, di ruang sidang utama lantai dua rektorat.

Tim KI Pusat yang hadir terdiri dari Handoko Agung Saputra dan Gede Narayana selaku Komisioner KI Pusat dan para asisten ahli KI Pusat. Sementara tim Unila terdiri dari Rektor Unila Prof. Dr.  Ir. Lusmieilia Afrian, D.E.A., IPM., ASEAN Eng., Wakil Rektor Bidang PKTIK, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, para dekan, ketua lembaga, Ketua SPI, kepala UPT, ketua PKK, para kepala biro. para koordinator, tim PPID, dan lainnya.

KI Pusat menjadi garda terdepan dalam melaksanakan keterbukaan termasuk publik yang membutuhkan sinergi dari badan publik lainnya. Dalam undang-undang juga disebutkan salah satu tujuan dari Keterbukaan Informasi Publik yakni pengembangan ilmu pengetahuan dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Maka dari itu semestinya perguruan-perguruan tinggi baik negeri maupun swasta itu sebagai kehadiran depan di dalam melaksanakan tujuan itu.

Visitasi Tim KI Pusat ke Unila dilakukan dengan tujuan untuk memastikan keterbukaan informasi publik itu bukan secara konvensional tetapi juga sesuai dengan perkembangan peradaban apalagi dengan perkembangan teknologi informasi yang sudah sangat cepat.

Menurut Gede Naraya, esensi monev KI Pusat ini tidak hanya untuk mendapatkan penilaian yang baik tapi yang terpenting adalah bagaimana keterbukaan informasi publik dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dan publik.

Gede menambahkan, Unila patut berbangga karena menjadi badan publik perguruan tinggi yang divisitasi. “Karena hanya badan publik terpilih saja yang akan dikunjungi tim KIP,” kata Gede.

Rektor Unila yang memberikan sambutan dalam acara pembukaan menyampaikan, kehadiran tim KI Pusat menjadi bagian dari integrasi dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan informasi publik di Unila.

Pertemuan ini memberikan kesempatan bagi Unila untuk memperlihatkan sejauh mana Unila telah melaksanakan kewajibannya sebagai Badan Publik Informatif.

“Kami berkomitmen untuk menjalani evaluasi dengan sungguh-sungguh, membuka diri terhadap saran dan kritik yang membangun demi peningkatan kualitas pelayanan PPID Unila,” Lusi.

Ia menanbahkan, Unila akan menerima masukan, kritik, dan hasil evaluasi yang nantinya dijadikan dasar peningkatan pelayanan. “Evaluasi ini akan menjadi landasan bagi kami untuk terus meningkatkan sistem produsen dan pelayanan informasi publik agar dapat memberikan yang terbaik bagi seluruh stakeholder terutama mahasiswa, dosen, pegawai, dan masyarakat,” pungkasnya. (Azwar)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pastikan Keterbukaan Informasi Publik, Unila Terima Tim Visitasi KI Pusat

Trending Now

Iklan