Iklan

Camat Bonai Darussalam Sukses Laksanakan dan Fasilitasi Musyawarah Antar Desa (MAD) Kecamatan Periode 2023 - 2026

warta pembaruan
12 Desember 2023 | 10:16 AM WIB Last Updated 2023-12-12T03:16:05Z


Rokan Hulu, Wartapembaruan.co.id
-- Pelaksanaan Musyawarah Antar Desa (MAD) kembali dilaksanakan oleh Kecamatan Bonai Darussalam, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul). Hal ini tak terlepas untuk membentuk kembali kepengurusan Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kecamatan. Dengan menjunjung asas musyawarah untuk mufakat, perangkat Kecamatan Bonai Darussalam mengundang seluruh lapisan elemen yang terlibat langsung dalam kesepakatan bersama pembentukan kepengurusan BKAD periode 2023 - 2026.

Forum MAD ini dilaksanakan atas dasar pedoman Permendagri No 96 Tahun 2017 tentang Kerjasama Antar Desa, kemudian Peraturan bupati Rokan Hulu No 33 Tahun 2021 tentang Pedoman Kerjasama Desa, serta menyikapi kondisi dan situasi yang dianggap perlu.

Forum MAD tersebut berlangsung hari senin, (11/12), sekitar Pukul 09.00 wib, bertempat di Aula Kantor Camat Bonai Darussalam. Tampak hadir seluruh elemen pendukung, diawali Tenaga Ahli P3MD Korwil Kecamatan, Kades dari tujuh desa yang ada di Kecamatan Bonai Darussalam beserta seluruh perangkat nya, mulai dari Sekretaris Desa, Ketua BPD, Ketua LPM, dan perwakilan perangkat desa tak lupa turut hadir dalam forum MAD tersebut.

Kepada awak media, Camat Bonai Darussalam, Elfitrend Saputra, S.Kom, M.IP, sesaat setelah forum selesai, mengatakan MAD tersebut dilaksanakan mengingat masa tugas BKAD yang lama sudah habis. "Selain masa tugas yang sudah habis, forum MAD dilaksanakan mengingat sudah banyak pengurus yang mengundurkan diri", sebut Elfitrend.

Dalam forum yang kebetulan diinisiasikan oleh dirinya bersama perangkat Kecamatan, Elfitrend menyebutkan hanya memfasilitasi agar tercapai satu kesepakatan antar seluruh desa yang ada di Kecamatan Bonai Darussalam.

"Di sini kami dari Kecamatan hanya sebagai fasilitator saja, kesepakatan kepengurusan baru tergantung bagaimana hasil forum MAD tersebut", terang Elfitrend lagi. Camat Bonai Darussalam ini juga menerangkan bahwa ke depan banyak program - program PNPM - MP yang harus dilakukan oleh BKAD melalui Unit Pengelola Kegiatan (UPK) guna membantu program pemerintah melalui kerjasama dengan pemerintah di setiap desa yang ada di Kecamatan Bonai Darussalam.

"Saya harap dengan terbentuk nya pengurus BKAD yang baru, nantinya dapat membantu melestarikan seluruh program PNPM - MP di seluruh desa dalam Kecamatan Bonai Darussalam", harap Camat Bonai Darussalam ini. Secara spesifik, Camat Bonai Darussalam ini juga menegaskan, seluruh program, baik di bidang pendidikan, kesehatan, serta meliputi sarana prasarana umum akan terus ditingkatkan produktivitas nya.

Terakhir, Elfitrend juga mengharapkan kepada pengurus BKAD Kecamatan yang baru, agar dapat lebih kreatif dan melakukan inovasi dalam menjalankan program PNPM - MP. "Kami harap pengurus BKAD yang baru dapat lebih kreatif dan bertanggung jawab, terutama agar kesenjangan perekonomian dan persentase pengangguran di seluruh desa yang ada di Kecamatan Bonai Darussalam dapat diperkecil angka nya", tutup Elfitrend.(Rahmat)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Camat Bonai Darussalam Sukses Laksanakan dan Fasilitasi Musyawarah Antar Desa (MAD) Kecamatan Periode 2023 - 2026

Trending Now

Iklan