Iklan

Dermaga Rusa Mayit Di Rakit Menuju Kapal Kecil Masyarakat Desa Pulau Siumat Mengharapkan Bantu Pemerintah

warta pembaruan
20 November 2023 | 7:59 PM WIB Last Updated 2023-11-20T12:59:40Z


Simeulue, Wartapembaruan.co.id
- Aji Azhar Sebagai mantan Kades Pulau Siumat Saat menerangkan kepada Media bahwa kunjungan mereka  Masyarakat Desa Pulau Siumat ini ke Kabupaten itak lain untuk mempertanyakan perihal Pembangunan Dermaga kami yang mana Dermaga kami itu jalan satu-satunya menuju Desa Kami atau keluar masuknya Masyarakat dalam aktivitas seperti Belanja Sembako dan mencari Rezeki memancing ( Nelayan ). 

Posisi Dermaga kami rusak Parah ini tak layak pakai apabila Cuaca buruk kapal kecil (Robin) tidak bisa nyandar ada Masyarakat yang meninggal dunia kami naikkan ke atas Rakit lalu kami iring sambil Berenang menuju kapal kecil tersebut begitulah Nasib kami Masyarakat Desa Pulau Siumat ini. (20/11/2023).


Kami  yang datang ini bersama Rama Ulyadi S.Pd. Selaku PJ Kades Pulau Siumat , Iman Cik , Ketua BPD, Panglima Laut, Aparat Desa, dan beberapa tokoh masyarakat. Harapan kami semoga Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten dapat membangun tahun  2024 ini itu harapan kami tuturnya.

Kami Masyarakat Desa Pulau Siumat ini sangat Menderita kami Masyarakat Desa Pulau Siumat seakan tidak merasakan adanya kemerdekaan sebagai warga negara republik Indonesia walaupun kami hidup di pulau terpencil tapi kami warga Indonesia juga yang sangat perlu perhatian dari Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten. itu sebabnya kami Masyarakat Desa Pulau Siumat ini datang ramai-ramai menjumpai bapak PJ Bupati Ahmadlyah, yang kedua Kadis BPBD dan Pak Kapolres kita Sebenarnya kami juga ingin menjumpai Pak Kajari, dan Anggota DPRK Kabupaten Simeulue tapi karena keadaan kami yang membatasi langkah kami. (Belanja Buat menginap habis). 


Untuk Menjumpai Para Pemimpin yang ada di Kabupaten aja kami datang satu hari sebelum ketemu para pemimpin kita karena takut cuaca buruk itu sebabnya kami Uda dua malam menginap belanja kami Uda tidak ada apalah daya kami masyarakat pulau siumat yang aktivitas kami atau mencari nafkah Nelayan tutup lobang gali lubang itu yang kami alami pungkasnya

Ahmadlyah SH Sebagai PJ Bupati Kabupaten Simeulue Saat menerima  kedatangan Masyarakat Desa Pulau Siumat menyambut dengan baik dan mendengar segala keluhan Masyarakat Desa Pulau Siumat.

Ahmadlyah SH PJ Bupati Simeulue Mendengar keluhan Masyarakat Desa Pulau Siumat tentang apa yang terjadi atau keadaan mereka 

Ahmadlyah sangat antusias atas apa yang menimpah warga Desa Pulau Siumat. 

Tapi Persoalan Pelabuhan atau Dermaga Desa Pulau Siumat dengan berjalan nya waktu berbeda kebijakan.

Sekarang ini aja ada dua pelabuhan tambakan perahu yang mau di kerjakan tetapi tidak bisa padahal  Anggaran nya sudah ada terbentur gara-gara tidak ada izin UKL UPL Lingkungan hidup berserta izin dari Kementerian Kelautan dan perikanan Pemanfaatan ruang Laut setelah selesai pengurusan izin tersebut baru pengurusan soal fisik atau Anggaran nya itu sebab tidak terjadi nya pembangunan fisik yang ada di desa Langi dan di Teupah Selatan. 


Jadi harus Izin dulu di urus bisa tenang pembangunan Dermaga coba jeput bola datangi langsung ke Kadis Yang mempunyai lending sektor  kegiatan Dermaga seperti Dis Perhubungan, BPBD dan PUPR  Setelah itu dinas tersebut pengurusan Izin nanti kita bantu juga pungkasnya.

Zulfahmi Kalak BPBD Simeulue saat menerima kedatangan Masyarakat Desa Pulau Siumat hampir serupa penjelasannya terhadap kami tapi dia mau bantu soal ide-ide Dana Anggaran Pembangunan Dermaga tersebut tapi Biar di siapkan dulu izin nya Din Perhubungan karena Soal Dermaga itu leading sektor mereka bisa kita bantu Anggaran nya melalui kami Dis BPBD apalagi itu Pelabuhan atau Dermaga tersebut memang pernah di bangun kerusakan nya Dampak dari Abrasi Air laut itu layak dibangun kembali pungkasnya.

Mulyawan Kadis Perhubungan Kabupaten Simeulue Menjelaskan ke media terkait Pembangunan Pelabuhan atau Dermaga yang ada di Desa Pulau Siumat. 

Dermaga Desa Pulau Siumat itu sangat Prihatin sekali apa yang terjadi di sana mereka setiap hari berenang menuju Perahu Mereka atau Kapal Kecil (Robin).

Pemerintah melalui Dinas Perhubungan telah memberikan transportasi penyebrangan Gratis Kapal Mini dari Kabupaten menuju Desa Pulau Siumat dalam satu Minggu dua kali. 

Kapal kami tidak bisa nyandar bagi masyarakat yang ingin turun dari kapal kami masyarakat yang ada di darat Pulau Siumat datang menjemput dengan perahu kecil untuk meraih perahu kecil mereka berenang setiap ada aktivitas keluar masuk Desa Pulau Siumat karena perlu kecil mereka tidak bisa nyandar karena bisa saja naik pasang hempasan gelombang bisa menghancurkan perahu mereka. 

Jadi Soal Pembangunan Dermaga Desa Pulau Siumat Uda di anggarkan 2024 ini tapi ada kendala dikit terkait Izin Lingkungan hidup dan kementerian Kelautan dan perikanan Pemerintah telah mengelokasikan Anggaran terkait Izin tapi Anggaran Perubahan Kabupaten Simeulue Batal (tidak jadi) itu satu hambatan pembangunan Dermaga yang ada di Desa Pulau Siumat tersebut pungkasnya. 

Joko Sebagai Kapolres Kabupaten Simeulue menerima kami sebagai tamu yang tak lain adalah Masyarakat Desa Pulau Siumat yang mana selepas jumpa dengan PJ Bupati Ahmadlyah dan Kalak BPBD Zulfahmi lalu menjumpai bapak kata Aji Azhar salah satu warga Desa Pulau Siumat.

Aji Azhar menjelaskan segala keluhan Masyarakat mulai kecelakaan, susahnya Transportasi dan Jenazah di bawa melalui rakit Menuju Perahu kapal kecil , susah nya aktivitas hari-hari selalu berenang keluar masuk Desa Pulau Siumat .

Desa Pulau Siumat ini pak Desa Terpencil menyebrangi Lautan Kurang lebih Dua Jam baru sampai ke Desa Pulau Siumat pungkas aji

Joko Kapolres Simeulue Sangat Antusias dan Sangat Prihatin Mendengar segala sesuatu yang di sampaikan Masyarakat Desa Pulau Siumat .

Insyaallah saya akan bantu bicara nanti sama Pemerintah Kabupaten Simeulue Agar Pembangunan Dermaga Desa Pulau Siumat di Porolaritaskan yang pertama yang harus di bangun pada Anggaran 2024  ini terkait banyaknya korban kecelakaan yang terjadi dan dalam waktu dekat ini insyaallah saya akan berkunjung ke sana pungkasnya

Serentak Masyarakat mengucapkan Alhamdulillah bapak ingin melihat atau berkunjung ke Desa kami Pulau Siumat Desa Terpencil Semoga Pak Kapolres dapat Berkah dari Allah di berikan kesehatan dan umur panjang dan sukses selalu dalam mengemban tugas Amin ya rabbal alamin pungkasnya.


(RDF)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dermaga Rusa Mayit Di Rakit Menuju Kapal Kecil Masyarakat Desa Pulau Siumat Mengharapkan Bantu Pemerintah

Trending Now

Iklan