Iklan

'Wadai Balapis Manis' Disdukcapil Kota Samarinda Jangkau Adminduk Hingga Kelurahan

warta pembaruan
12 Oktober 2023 | 9:38 PM WIB Last Updated 2023-10-12T14:38:47Z


Samarinda, Wartapembaruan.co.id
  - Dirjen Dukcapil Teguh Setyabudi melakukan lawatan ke Kalimantan Timur untuk membuka acara Dukcapil Goes to Campus di Universitas Mulawarman (Unmul), Samarinda, Rabu (11/10/2023).

Usai di Unmul, Dirjen Teguh Setyabudi didampingi Kepala Dinas KP3A Kaltim Noryani Sorayalita mengunjungi kantor Dinas Dukcapil Kota Samarinda di Jalan Basuki Rahmat No. 78.

Teguh dan rombongan disambut Plt. Kadis Dukcapil HM Subhan, kemudian melihat-lihat dan berdialog dengan pengunjung tentang pelayanan administrasi kependudukan di Disdukcapi Kota Samarinda. 

"Impresi pertama saya gedungnya paling bagus dari seluruh Disdukcapil kabupaten/kota yang pernah saya kunjungi," kata Dirjen Teguh. 

"Ruangannya pun tertata rapi, petugasnya ramah, pelayanan berlangsung lancar, dan cepat selesai," sambungnya.

Teguh pun mengapresiasi kolaborasi yang apik antara Dinas Dukcapil Provinsi dan Disdukcapil kabupaten/kota di Kalimantan Timur. "Mudah-mudahan provinsi lain mengambil pelajaran yang baik sehingga bisa direplikasi di daerahnya dan mampu meningkatkan kinerja lebih baik lagi," kata Teguh.

Plt. Kadis Subhan sangat berterima kasih atas kunjungan Dirjen Dukcapil Teguh Setyabudi, dan Kadis KP3A Kaltim Sorayalita.

"Kami terus berupaya meningkat kinerja agar semakin baik dan lebih baik lagi. Kami memiliki inovasi 'Wadai Balapis Manis' (Wadah Layanan Adminduk Terintegrasi Aman, Mudah Gratis) untuk mendekatkan pelayanan administrasi kependudukan bagi masyarakat."

Tujuan inovasi ini agar masyarakat yang tinggal di kawasan pinggiran dan jauh dari kantor Disdukcapil atau kurang paham menggunakan internet bisa datang di kelurahan terdekat mengurus dokumen, seperti akta kelahiran maupun kematian, surat pindah atau kartu keluarga (KK).

Kadis KP3A Noryani Sorayalita mengatakan, tiap Dinas Dukcapil kabupaten/kta di Kaltim memiliki berbagai kelebihan dan kekurangan masing-masing. "Seperti Disdukcapil Kota Balikpapan dan Disdukcapil Berau itu juga punya banyak inovasi yang baik dan sering mendapat penghargaan nasional," pungkasnya. 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • 'Wadai Balapis Manis' Disdukcapil Kota Samarinda Jangkau Adminduk Hingga Kelurahan

Trending Now

Iklan