Iklan

Jenazah WNI Korban Pembunuhan di Jepang telah tiba di Sumbar

warta pembaruan
19 Oktober 2023 | 6:01 PM WIB Last Updated 2023-10-19T11:01:28Z


Padang, Wartapembaruan.co.id
-- Ormas PEKAT IB DPD Padang Pariaman hari ini mendampingi Pihak keluarga untuk melakukan Penjenjemputan Jenazah WNI Josi di Bandara Internasional Minang Kabau 19 Oktober 2023.

Josi Putri Cahyani (23 tahun), Warga Negara Indonesia (WNI) yang di duga dibunuh di Jepang. Josi diketahui berasal dari Korong Lancang, Nagari Aur Malintang Selatan, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatra Barat (Sumbar)

Tomas Cahyadi (Ayah Yosi) menyampaikan, "saya sebenarnya sudah melarang josi waktu itu untuk kuliah ke jepang, dia memang anak yang pintar dan mempunyai kemauan yang kuat, jauh hari dia sudah ikut di beberapa kursus bahasa jepang, dia terus merayu saya dan selalu berupaya untuk meminta izin, akhirnya dengan berat hati saya menyetujui"

mungkin itulah nasib dan suratan anak saya sehingga almarhumah menjemput ajalnya disana, memang berat rasanya ketika mendapatkan kabar meninggalnya anak saya ini apa lagi ada dugaan anak saya ini jadi korban tindak kriminal pembunuhan oleh warga negara jepang. Lanjutnya

Saya sangat berterima kasih kepada Pemerintah Indonesia utamanya Kemenlu dan KBRI di Jepang, serta sekolahan yang menaungi anak saya belajar di jepang dalam proses pengembalian jenazah putri saya ke Indonesia. Untuk Proses Hukum terhadap Dugaan Pembunuhan Putri saya kami keluarga serahkan ke Pemerintahan Negara Jepang. Tambahnya

Zulaspa Ilham, Sekretaris Ormas PEKAT IB DPD Pd Pariaman yang ikut hadir di Bandara Internasional Minangkabau mendampingi keluarga korban ketika di konfirmasi.

Saya menyampaikan turut berdukacita yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya putri tercinta Pak Tomas Cahyadi (Ayah Korban), 

Ini adalah suatu cobaan berat bagi keluarga, apa lagi keluarga merupakan putri pertama dari Pak Tomas, namun untung tak dapat di mintak malang tak dapat di tolak, anak tercinta bekiau Meninggal di Negri sakura Jepang.

Terkait kejadian ini kami Ormas PEKAT IB meminta kepada Pemerintah Indonesia utamanya Kementerian Luar Negri dan KBRI di Jepang untuk tetap mengikuti kasus ini, karena Nyawa Anak Negri ini tidak boleh di sia-siakan dan itu adalah kewajiban negara untuk melindungi masyarakat nya baik di dalam maupun di luar negri.

Memang kita tidak bisa mencampuri Hukum Negara Jepang, namun secara diplomasi rasanya Indonesia bisa meminta Pemerintah Jepang menghukum warganya dengan hukuman setimpal karena telah menghilangkan nyawa manusia apa lagi itu adalah nyawa warga negara Indonesia.

Kedepan semoga kasus serupa tidak terjadi lagi bagi WNI kita yang ada di luar negri dan WNI kita terlindungi pula ketika mereka bekerja atau sekolah di negri orang.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Jenazah WNI Korban Pembunuhan di Jepang telah tiba di Sumbar

Trending Now

Iklan