Iklan

Direktorat IDKD Dukung Kota Bandung Sosialisasikan ISO IEC 27001 kepada OPD

warta pembaruan
21 Oktober 2023 | 1:19 PM WIB Last Updated 2023-10-21T06:19:16Z


Bandung, Wartapembaruan.co.id
  - Dinas Dukcapil Kota Bandung menyelenggarakan acara penting berjudul "Sosialisasi ISO IEC 27001 dalam kerja sama pemanfaatan data kependudukan," di Bandung, Kamis (19/10/2023). 

Menurut Kadis Dukcapi Kota Bandung Tatang Muhtar, acara virtual melalui Zoom Meeting ini bertujuan agar para pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di Kota Bandung makin paham perihal pentingnya menjaga keamanan dan kerahasiaan data kependudukan.   

"Kami telah menandatangani 72 Perjanjian Kerja Sama dengan para pimpinan OPD di Kota Bandung agar mereka mendapat hak akses data kependudukan sehingga sudah tercapai 100% OPD yang melaksanakan kerja sama," kata Kadis Tatang saat membuka Acara. 

Direktur Integrasi Data Kependudukan Daerah (IDKD) Agus Irawan sebagai narasumber mengatakan, akses data kependudukan sangat penting agar pelayanan publik khususnya di Kota Bandung menjadi semakin mudah, cepat dan akurat. 

"Data kependudukan dapat memudahkan pelayanan publik, dasar perencanaan pembangunan, alokasi anggaran, pembangunan demokrasi, penegakan hukum, dan pencegahan kriminal. Dalam konteks ini, menjaga integritas dan kerahasiaan data menjadi hal yang sangat vital," jelas Direktur Agus Irawan. 

Lebih jauh Agus menjelaskan, untuk melindungi aset informasi dan menjaga keutuhan sistem adminduk dari potensi ancaman keamanan siber, perlu ada sistem manajemen keamanan informasi yang kuat. Selain itu Agus juga mengapresiasi pimpinan Pemerintah Kota Bandung melalui Sekretarls Daerah selaku TAPD yang mempunyai komitmen mendorong pengalokasian anggaran untuk penerapan ISO IEC 27001. 

"Inilah yang menjadi fokus dalam sosialisasi ISO IEC 27001. Sehingga jajaran OPD di Kota Bandung dapat memahami langkah-langkah untuk mengelola dan melindungi informasi penting yang terkait dengan data kependudukan melalui implementasi ISO 27001," katanya pula.  

Agus menekankan, dalam era digital yang terus berkembang, langkah-langkah ini menjadi semakin relevan untuk memastikan data-data tersebut tidak disalahgunakan dan tetap aman. 

Sosialisasi ISO IEC 27001 yang dihadiri secara virtual oleh berbagai jajaran OPD di Kota Bandung menunjukkan komitmen mereka dalam menjaga keamanan dan integritas data kependudukan.   

Kadis Tatang Muhtar berharap, dengan arahan dan panduan dari Direktur IDKD Agus Irawan, Pemkot Bandung bakal semakin siap menghadapi tantangan keamanan siber yang semakin kompleks di era digital. 

"Sosialisasi ini juga mencerminkan kerja sama yang erat antara pemerintah daerah dan pihak terkait dalam menjaga keamanan dan kerahasiaan data yang begitu penting dalam pelayanan publik dan pembangunan Kota Bandung ke depan," demikian katanya. 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Direktorat IDKD Dukung Kota Bandung Sosialisasikan ISO IEC 27001 kepada OPD

Trending Now

Iklan