Iklan

Portal Jabarprovgoid Raih Penghargaan dalam Kategori Transformasi Digital Terintegrasi pada APDI 2023

warta pembaruan
13 September 2023 | 10:53 PM WIB Last Updated 2023-09-13T15:53:09Z


Jakarta, Wartapembaruan.co.id
- Portal Jabarprovgoid, situs resmi milik Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat (Pemdaprov Jabar), meraih penghargaan dalam acara Malam Apresiasi Pemerintah Daerah Indonesia (APDI) 2023 yang berlangsung di Hotel JS Luwansa Jakarta, Selasa, (12/09/23).

Portal Jabarprovgoid memperoleh penghargaan dalam kategori Transformasi Digital Terintegrasi. Penghargaan ini merupakan hasil dari pengembangan platform digital terintegrasi yang menjembatani pemerintah dengan masyarakat serta meningkatkan transparansi dan aksesibilitas informasi bagi seluruh warga Jabar.

“Saya mewakili Pemdaprov Jabar mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang diberikan kepada Portal Jabarprovgoid dalam acara APDI 2023," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kadiskominfo) Provinsi Jawa Barat, Ika Mardiah.

Menurut Ika, sebagai media satu pintu yang terintegrasi di Pemdaprov Jabar, Portal Jabarprovgoid memfasilitasi masyarakat dengan akses informasi dan data yang berkualitas yang lebih cepat, mudah, dan transparan yang didesain sesuai kebutuhan masyarakat (user-centric design).

Target pengguna dalam sistem keterbukaan informasi publik bukan hanya masyarakat, tetapi juga perangkat daerah selaku penyedia informasi publik. Dengan kehadiran Portal Jabarprovgoid, sistem manajemen konten jadi lebih efektif, efisien, dan mudah digunakan oleh perangkat daerah.

“Penghargaan ini menjadi dorongan bagi kami untuk terus berinovasi dan memberikan layanan informasi yang lebih baik kepada masyarakat Jawa Barat”, ujar Ika.

APDI 2023 merupakan kerja sama B-Universe dengan Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Ditjen Otda Kemendagri) dan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi).

Dikutip dari Beritasatu.com, Wakil Direktur B-Universe Apreyvita Wulansari menjelaskan, APDI 2023 yang diprakarsai Beritasatu.com, salah satu media portal B-Universe ini telah berlangsung sejak Juni 2023.

“Ada tiga tahap yang kami lakukan. Tahap pertama, seleksi terhadap 548 pemerintah daerah dari provinsi, kabupaten, dan kota berdasarkan PAD dan geografisnya. Kemudian, dicari informasi berdasarkan pemberitaan, informasi kontributor di lapangan, hingga pihak lainnya. Dari seleksi awal ini didapati 115 pemerintah daerah yang dianggap pantas mengikuti APDI 2023,” urainya.

Tahap kedua, penjurian berkas inisiatif. Pada tahap ini, sebanyak 115 pemerintah daerah diundang untuk mengirimkan berkas inisiatif yang telah dilakukan. Terdapat sebanyak 35 inisiatif yang dimajukan ke tahap selanjutnya, yaitu tahap ketiga, penjurian virtual.

Penjurian virtual ini dilakukan secara maraton sejak 14 Agustus 2023 hingga 23 Agustus 2023. Juri yang terdiri dari akademisi, praktisi, dan birokrasi ini mempertajam inisiatif pemerintah daerah yang dihadiri kepala daerah, sekda, hingga kepala dinas terkait.

Hasilnya, sebanyak 21 pemerintah daerah berhasil masuk untuk mendapatkan apresiasi dalam sejumlah kategori, seperti Kategori Akselerasi Pembangunan Ekonomi Daerah, Pembangunan Sosial Berkelanjutan, Transformasi Digital Terintegrasi, Mitra Daerah Berkinerja Unggul, hingga Pelayanan Dasar Masyarakat.

Pada acara APDI 2023, selain dihadiri oleh puluhan kepala daerah dari seluruh Indonesia, juga dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. (Humas Jabar/Azwar)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Portal Jabarprovgoid Raih Penghargaan dalam Kategori Transformasi Digital Terintegrasi pada APDI 2023

Trending Now

Iklan