Iklan

Perlu Kolaborasi dan Sinergitas Antar KL Dalam Pilot Project Desmigratif

warta pembaruan
23 September 2023 | 5:00 PM WIB Last Updated 2023-09-23T10:00:20Z


Jakarta, Wartapembaruan.co.id
- Kolaborasi antar Kementerian/Lembaga (KL) dalam pilot project Desa Migran Produktif (Desmigratif) di tiga Desa di Tulungagung yaitu Desa Pagersari, Desa Betak, dan Desa Tunggangri, untuk melaksanakan program pemberdayaan Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Desa Pagersari di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

"Kami tahu, kerja membangun Desmigratif dengan 4 pilar tadi tidak bisa dilakukan oleh 1 kementerian saja. Ini perlu ada kolaborasi, sinergitas, dari kementerian/lembaga," ungkap Menaker Ida Fauziyah. saat melakukan kunjungan kerja ke salah satu desa yang menjadi pilot project pemberdayaan pekerja migran Indonesia melalui Desa Migran Produktif (Desmigratif), yaitu Desa Pagersari di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Jumat (22/9/2023).

Menurutnta, dalam pelaksaannya, Desmigratif mengusung konsep Kolaboratif di mana pelaksanaannya bekerjasama, bersinergi, dan berintegrasi dengan berbagai kegiatan dan program yang terkait dari para pemangku kepentingan. Kemudian konsep partisipatif, di mana masyarakat terlibat secara aktif dalam proses.

Selanjutnya, konsep berkelanjutan, di mana setiap pengambilan keputusan dalam penyelenggaraan program Desmigratif harus mempertimbangkan peningkatan kesejahteraan Pekerja Migran Indonesia dan keluarganya, tidak hanya untuk saat ini tetapi juga di masa depan.

Dia menyebut, selain kolaborasi lintas kementerian/lembaga, keberlanjutan dari Desmigratif juga membutuhkan dukungan pemrintah daerah. "Keberadaan desmigratif ini juga membutuhkan dukungan dari pemerintah kabupaten, apalagi pemerintah kabupaten sudah memiliki perda, sehingga menurut saya desmigratif ini adalah salah satu bentuk kita menterjemahkan UU pelindungan pekerja migran kita," katanya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Perlu Kolaborasi dan Sinergitas Antar KL Dalam Pilot Project Desmigratif

Trending Now

Iklan