Iklan

Kenalkan Sejarah Sejak Dini lewat Jalan - Jalan Greget Sejarah

warta pembaruan
21 September 2023 | 7:34 PM WIB Last Updated 2023-09-21T12:34:06Z


Kartasura, Wartapembaruan.co.id
- Dalam rangka mengenalkan sejarah situs Keraton Kartasura progam greget sejarah yang merupakan sub.di bawah Kartasura Greget yang di prakarsai oleh Djuyamto Hadisasmito salah satu pengiat budaya di kartasura.

Mengadakan program jalan - jalan sejarah mengajak anak - anak sekolah dasar untuk mengunjungi situs Keraton Kartasura.

Menurut egi raff salah satu kordinator acara  Acara jalan - jalan sejarah  acara ini merupakan murni edukasi jadi menanamkan pemahaman untuk temen - temen yang belum tahu sejarah keraton Kartasura kita ajak masuk ke dalam keraton kita beri edukasi tentang sejarah keraton Kartasura.

Yang dulunya merupakan sebuah ibu kota Kerajaan besar.

Dengan harapan ketika temen - temen yang kita ajak ke keraton Kartasura bisa menumbuhkan rasa Cinta otomatis karena rasa cinta mereka akan peduli dengan situs peninggalan keraton kartasura.

Dengan rasa peduli ini maka kerusakan - kerusakan yang selama ini terjadi tidak akan terulang kembali.

Jadi kita perlu memupuk sejak dini seperti kita mengajak siswa dari SD Islam Al Hilal Kartasura mengunjungi situs Keraton Kartasura.

Dalam kegiatan ini para siswa SD Al Hilal di ajak berkeliling ke situs Keraton Kartasura mengunakan Kereta mini dengan gratis.

Dimulai mengunjungi situs Gunung kunci yang di pandu langsung oleh Fauzi ichwani yang merupakan sejarawan muda dari komunitas sejarah Solo societeit.

Pemandu menjelaskan bahwa konon gunung kunci merupakan segarayasa atau taman rekreasi keluarga dan kerabat kerajaan Kartasura yang merupakan kolam pemandian yang sangat jernih airnya .


Kemudian di lanjutkan ke benteng sri mangganti yang menjelaskan fungsi bangsal keraton Kartasura untuk berbagai kegiatan.

Dan para siswa juga di ajak ke tembok bolong yang merupakan saksi sejarah ketika terjadi geger pacian dan pemandu menjelaskan benteng ini merupakan cagar budaya yang harus kita jaga dan lestarikan.

Dan acara di akhiri di pelataran watu kembar yang merupakan titik tengah dari keraton Kartasura.

Dalam kesempatan ini kepala Sekolah SD Islam Al Hilal yang ikut mengawal siswanya sangat mengapresiasi kegiatan ini.

 " Alhamdulillah kami sangat bersyukur dengan adanya kegiatan jalan - jalan greget sejarah ini.

Kami sangat berterima kasih sekali telah memikirkan anak - anak kami untuk mengenal sejarah keraton Kartasura ini.karena kemarin kita tidak tahu akses kesini kita harus bagaimana? harus apa? Tetapi sekarang sudah terlaksana dan sudah ada pembimbingnya.ini merupakan kegiatan yang sangat luar biasa di dalam menunjang di dunia Pendidikan.

Pemrakarsa Kartasura Greget Djuyamto mengatakan

Program Greget Sejarah ini merupakan sebuah inisiatif murni warga masyarakat Kartasura yang terdiri dari pemerhati sejarah dan budaya yang di koordinir oleh Egi raff .

Kartasura Greget sangat mengapresiasi dan memberikan dukungan atas terlaksananya progam ini.

" Anak - anak harus sejak dini di kenalkan tentang sejarah dan budaya leluhur agar tidak kehilangan jati dirinya sebagai ahli waris nilai - nilai luhur bangsa.

Semoga progam ini juga memperoleh atensi dan dukungan dari instansi terkait serta masyarakat Kartasura umumnya ".harap Djuyamto.


(Nug/red.) 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kenalkan Sejarah Sejak Dini lewat Jalan - Jalan Greget Sejarah

Trending Now

Iklan