Iklan

Diskominfo Jabar dan Kota Sukabumi Lakukan Kerjasama Pereplikasian Unit Saber Hoaks

warta pembaruan
09 September 2023 | 8:51 AM WIB Last Updated 2023-09-09T01:51:12Z


Sukabumi, Wartapembaruan.co.id
- Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Barat (Jabar), melakukan kerjasama pereplikasian unit saber hoaks daerah, dengan Pemkot Sukabumi melalui Diskominfo Kota Sukabumi, dan Kota Depok. Penandatanganan kerjasama tersebut dilakukan di salah satu Hotel Kota Bandung, Senin (4/9).

Kepala Diskominfo Provinsi Jabar, Ika Mardiah menuturkan, pihaknya terus berkomitmen untuk memberikan asupan literasi digital kepada masyarakat, khususnya masyarakat di Jawa Barat.

“Hoaks itu bagian dari dunia literasi, namun dampaknya bisa sangat besar dan berbahaya,” tutur Ika.

Menurut Ika, pekerjaan tugas seperti, penanganan terkait judi online, prostitusi online, pinjaman online, dan kejahatan maya lainnya, akan meluas. “Kalau mereka tidak dilawan, maka negara akan kalah,” ujar Ika.

Sementara, Kepala Diskominfo Kota Sukabumi, Rahmat Sukandar, menyatakan, pihaknya merasa sangat senang dan bangga, telah jadi bagian dalam momentum penandatanganan perjanjian kerja sama replikasi unit saber hoaks saat ini.

“Kami sangat senang dengan adanya kerjasama pemberantasan hoaks ini,” kata Rahmat.

Rahmat mengungkapkan, pihaknya merasa optimis jika kerjasama ini akan meningkatkan kinerja dalam penanganan hoaks di Kota Sukabumi. "Bebagai upaya memernagi hoaks sudah kami lakukan baik itu melalui literasi digital, atau pun kegiatan lainya," ungkap Rahmat.

Selain penandatanganan perjanjian kerja sama pereplikasian unit saber hoaks daerah, diagenda tersebut juga dilakukan deklarasi bersama penanggulangan hoaks melalui upaya penguatan literasi digital.

Deklarasi bersama diikuti oleh Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Pemerintah Daerah Kota Kupang, serta Direktorat Reserse Kriminal Khusus Kepolisian Daerah Jawa Barat.

Kegiatan penandatangaan perjanjian kerja sama replikasi unit saber hoaks dan deklarasi bersama penanggulangan hoaks tersebut, mendapatkan apresiasi dari Ketua Komisi I DPRD Jawa Barat, Bedi Budiman.

“Saya menyaksikan betul, bagaimana Tim Jabar Saber Hoaks bekerja untuk mencerdaskan literasi, kepada kalangan tingkat atas hingga ke kalangan grassroot. Dan saya mengapresiasi kinerja Tim Jabar Saber Hoaks dalam upaya memberantas hoaks yang kian masif dan canggih," ucap Bedi yang juga menjadi pembicara kunci di acara deklarasi tersebut.

Bedi menambahkan, pihaknya menganalisa, setidaknya ada tiga aspek fenomena penyebaran hoaks dalam konteks politik. Pertama, diduga ada pihak-pihak dari kalangan tertentu (seperti salah satu tim sukses), yang sengaja memproduksi dan menyebarkannya, untuk menjatuhkan lawan politiknya.

"Kedua, dibuat oleh pihak tertentu yang sengaja ingin menghancurkan tatanan demokrasi Indonesia, dan yang terakhir, adanya pihak-pihak yang “iseng tanpa ada intrik politik”, namun mereka berorientasi untuk mencari keuntungan finansial," pungkas Bedi Budiman. (Azwar)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Diskominfo Jabar dan Kota Sukabumi Lakukan Kerjasama Pereplikasian Unit Saber Hoaks

Trending Now

Iklan