Iklan

Apresiasi Ide Mulia Nawacita Award 2023, Yonge Berikan Bukunya Kepada Hendropriyono dan Yasonna Laoly

warta pembaruan
09 September 2023 | 2:00 PM WIB Last Updated 2023-09-10T07:03:26Z


Jakarta, Wartapembaruan.co.id
-- Penulis Buku Jokowi The Most Effective Economic Leader in The World dan Pengusul Nama Ir. H. Joko Widodo (Jokowi) Presiden Republik Indonesia Penerima Nobel Ekonomi, Yonge Sihombing, S.E., M.B.A., mengapresiasi ide dan inisiatif Media Nawacita Indonesia (MNI) memberikan penghormatan kepada putra/i dan tokoh Indonesia yang dianggap telah berkontribusi dan berjasa untuk mewujudkan nawacita.

"Penghormatan MNI dilakukan dengan cara memberikan sebuah  penghargaan Nawacita atau Nawacita Award", kata Yonge kepada awak media saat menghadiri acara malam penganugerahan Nawacita Award 2023 di Gedung The Tribrata Darmawangsa Jakarta Selatan, Jumat (8/9/2023).


Nawa Cita atau Nawacita kata Yonge adalah istilah umum yang diserap dari bahasa Sanskerta, nawa (sembilan) dan cita (harapan, agenda, keinginan). Dalam konteks pemerintahan Presiden Jokowi selama hampir 10 Tahun (2 Periode) konsep nawacita dijadikan sebagai agenda besar pembangunan Indonesia.

"Tadi juga sudah disampaikan Pak Yasonna dalam sambutannya, beliau menjelaskan sejarah Nawacita, yaitu sebuah cita-cita Soekarno yang dikenal dengan istilah Trisakti, yakni berdaulat secara politik, mandiri dalam ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan", tambah Yonge.

Nawacita kata Yonge dijadikan sebagai agenda pembangunan yang dijabarjan kepada 9 bidang yaitu: Pertahanan dan Keamanan, Penguat Kebhinekaan Indonesia, Pendidikan Karakter Bangsa, Kesejahteraan Masyarakat, Kemandirian Ekonomi Nasional, Kemajuan Infrastruktur dan Industri, Pembangunan Daerah, Pejuang Demokrasi, serta Penegak Hukum.

"Diusia ke-9 tahun pemerintahan Jokowi, capaian 9 butir nawacita telah nyata diarasakan rakyat Indonesia, tentunya ada peran putra/i Indonesia yang turut serta berkontribusi dan berjasa mewujudkan nawacita Indonesia, dan atas kontribusi dan jasanya-lah MNI memberikan penghargaan", kata Yonge.

Berikut nama-nama penerima Nawacita Award 2023 yang diberikan oleh MNI:

1. Kategori Pertahanan dan Keamanan: Jenderal TNI (Purn) AM Hendropriyono

2. Kategori Penguatan Kebhinekaan Indonesia: Nasaruddin Umar

3. Kategori Pendidikan Karakter Bangsa: Jenderal TNI (Purn) Moeldoko

4. Kategori Pejuang Demokrasi: Hermus Indou

5. Kategori Penegakan Hukum: ST Burhanuddin

6. Kategori Kemandirian Ekonomi Nasional: Nicke Widyawati

7. Kategori Infrastruktur, Industri dan Transportasi: Rusdi Kirana

8. Kategori Kesejahteraan Rakyat: dr. Lie Agustinus Dharmawan

9. Kategori Pembangunan Daerah: Ery Cahyadi, dan Kategori Khusus Inspirator Milenial: Cinta Laura


Usai acara, Yonge memberikan buku yang ditulisnya kepada Jenderal TNI (Purn.) Prof. Dr. Abdullah Mahmud Hendropriyono, S.T., S.H., M.H atau sering disebut A.M. Hendropriyono mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) pertama. Selanjutnya Yonge memberikan kepada Menteri Hukum dan HAM Prof. Yasonna Hamonangan Laoly, S.H., M.Sc., Ph.D. (Ketua Pembina Media Nawacita Indonesia/MNI). 

"Saya membawa hanya 2 buah buku, gak cukup dibagikan untuk semua penerima Nawacita Award malam ini, karena itu kedua buku ini saya berikan kepada Pak Hendro dan Yasonna yang juga saya idolakan", kata Yonge didampingi Sri Wati Manik, sembari mengucapkan terimakasih kepada Dirut MNI Otoli Zebua dan Edward Batubara yang telah mengundangnya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Apresiasi Ide Mulia Nawacita Award 2023, Yonge Berikan Bukunya Kepada Hendropriyono dan Yasonna Laoly

Trending Now

Iklan