Iklan

Ridwan Kamil: Jawa Barat Makin Produktif dan Kompetitif dari Segi Budaya

warta pembaruan
16 Agustus 2023 | 4:49 PM WIB Last Updated 2023-08-16T09:49:25Z


Bandung, Wartapembaruan.co.id
- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, Jabar semakin produktif dan kompetitif dari segi budaya. Ratusan ekspresi budaya bermuara di provinsi ini, salah satunya yang sudah diakui menjadi warisan dunia, yaitu alat musik angklung.

"Jawa Barat mah tibeulah (dari arah) kaler (utara), kulon (barat), wetan (timur), kidul (selatan), total lebih dari 100, dari 156 ekspresi budaya yang menjadi warisan Indonesia, salah satunya sudah menjadi warisan dunia yang namanya angklung," kata Ridwan Kamil, dalam sambutannya saat menghadiri Konser 50 Tahun Samba Sunda di Gedung Sunan Ambu Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung di Kota Bandung, Selasa (15/8/2023).

Menurut Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, untuk mendukung ekspresi kebudayaan Jabar, Pemda Provinsi Jabar telah membangun banyak fasilitas budaya.

"Karena hidup itu tak hanya urusan perut dan nafsu. Hidup juga tentang estetika, kontemplasi pikiran, sastra, juga ekspresi kita di dunia," ujar Kang Emil.

Kang Emil berharap, ISBI Bandung bisa beradaptasi dengan tantangan zaman, terlebih pasca pandemi COVID-19, termasuk digitalisasi yang mengubah jalan hidup.

"Beradaptasilah dengan tantangan zaman, kita kena pandemi mengubah cara hidup kita, begitu pula dengan digitalisasi ada artificial intellegence mengubah hidup kita," tutur Kang Emil. 

"Terlalu cepat perubahan itu, maka kita institusi harus siap, termasuk menghadapi perubahan iklim. Jadi anak-anak ini harus hidup di Indonesia yang lebih hijau dan genah," pungjas Kang Emil. (Humas Jabar/Azwar)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ridwan Kamil: Jawa Barat Makin Produktif dan Kompetitif dari Segi Budaya

Trending Now

Iklan