Iklan

Setelah Lewati Tahap Pengujian Daya Dukung Tiang Pancang, Progres Proyek Jembatan Sei Bukit Juragan Ruas Jalan Kota Lama - Muara Dilam Semakin Signifikan

warta pembaruan
18 Juli 2023 | 6:53 PM WIB Last Updated 2023-07-18T11:53:21Z


Rokan Hulu, Wartapembaruan.co.id
-- Apresiasi besar diberikan warga terkait proyek pembangunan jembatan Sei Bukit Juragan pada ruas jalan Kota Lama - Muara Dilam yang dilaksanakan oleh Dinas PUPR Kabupaten Rokan Hulu (Rohul). Bagaimana tidak, akses transportasi yang semakin mudah dapat dilalui warga sekitar apabila proyek pembangunan jembatan sudah selesai.

Dilansir dari situs data LPSE, Proyek pembangunan jembatan yang dialokasikan dari APBD Kabupaten Rohul senilai 5.227.822.960.84 milyar. Untuk pekerjaan konstruksi sendiri dikerjakan oleh CV. Serdang Indah dengan nomor kontrak 630/KONTRAK/V/123.6, dengan waktu pelaksanaan selama 240 hari kerja terhitung sejak tanggal 03 Mei 2023 sesuai kontrak kerja.

Sementara untuk Konsultan Pengawas proyek pekerjaan sendiri dikerjakan oleh CV. Naufal Teknik Konsultan dengan waktu pelaksanaan yang sama. Media berhasil menghimpun beberapa keterangan dari narasumber saat pelaksanaan uji kekuatan daya dukung tiang pancang Kamis (13/7), di lokasi proyek pekerjaan.

Dinas PUPR Rohul melalui Kabid Jalan dan Jembatan, Khairul Fahmi, ST menjelaskan kepada media perihal progres proyek pekerjaan dan teknis dari pelaksanaan proyek pekerjaan tersebut."Dalam kurun waktu satu bulan lebih pelaksanan proyek pekerjaan jembatan tersebut sudah mencapai persentase 29%", sebut Khairul, sapaan akrab nya.

Kabid Jalan dan Jembatan Dinas PUPR Rohul juga melanjutkan, ada 3 (tiga) unit proyek pembangunan jembatan ditambaj 1 (satu) proyek jalan di Rohul Tahun 2023 ini yang dilakukan pendampingan dengan tiga instansi yakni, BPKP, Inspektorat Rohul serta Kejari Rohul. Dan salah satunya Jembatan Sei Bukit Juragan ini, rinci Khairul.

"Hari ini kami didampingi lima orang dari BPKP dan Inspektorat menyaksikan uji kekuatan dukung tiang pancang. Untuk berikutnya akan didampingi Kejari Rohul", ujar Khairul lagi. Secara eksplisit, Khairul menjelaskan hal ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya hal-hal yang akan merugikan negara dalam pelaksanaan proyek pekerjaan.

Di saat yang sama, General Supervisi (GS) CV Serdang Indah, Rizal melalui Pengawas Lapangan Ekmal menuturkan, Tim PT Jaya Beton sebagai supplier tiang pancang hari ini melakukan pengujian daya dukung yang disaksikan Dinas PUPR Rohul dan para pendamping dimana pengujian sudah selesai dilakukan dan hasilnya cukup baik."Untuk progres kerja selanjutnya tahap pengecoran lantai kerja dan mudah-mudahan cuaca bersahabat", harap Ekmal.

Terpisah, Camat Kunto Darussalam, Dedy Saputra SE, MM saat dikonfirmasi media, mengapresiasi Pemkab Rohul melalui Dinas PUPR atas realisasi pembangunan jembatan Sei Bukit Juragan di wilayahnya tahun ini."Akibat pembangunan jembatan ini transportasi dari Muara Dilam ke Kota Lama akan lancar ke depan sekalipun musim hujan", sebut Dedy.

Apresiasi lebih juga diberikan dari salah satu warga berinisial DM (45), yang keseharian nya berprofesi sebagai supir truk pengangkut sawit."Jelas dengan keberadaan jembatan ini nantinya dapat mempermudah akses transportasi bagi pengguna kendaraan lainnya", ucap ayah tiga orang anak ini.

Tak luput harapan dari Camat Kunto Darussalam yang segenap warga sekitar kepada DM dan rekan seprofesi setelah jembatan selesai dibangun agar dapat mengikuti aturan muatan yang sesuai dengan tonase yang ditentukan.(Rahmat)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Setelah Lewati Tahap Pengujian Daya Dukung Tiang Pancang, Progres Proyek Jembatan Sei Bukit Juragan Ruas Jalan Kota Lama - Muara Dilam Semakin Signifikan

Trending Now

Iklan