Iklan

Dirjen Dukcapil Serukan Sektor Perbankan Manfaatkan IKD untuk Bertransaksi

warta pembaruan
13 Juli 2023 | 11:16 AM WIB Last Updated 2023-07-13T04:16:45Z


Jakarta, Wartapembaruan.co.id
- Identitas kependudukan digital (IKD) dinilai sektor perbankan sangat berharga dan penting. Fitur-fitur KTP digital semakin masif dipergunakan untuk keperluan perbankan, seperti membuka rekening bank. 

"Ini program IKD sangat luar biasa. Bank BRI pasti mendukung karena bersentuhan langsung dengan aktivitas perbankan," kata Executive Vice President (EVP) Hubungan Lembaga Bank BRI, M. Candra Utama dalam acara Aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) Insan Brilian BRI di Gedung BRIlian Central Park Lt. 9, Jakarta, Rabu (12/7/2023).

Candra menilai, Dukcapil merupakan mitra terpenting bagi BRI. "Syukur Alhamdulillah support Dukcapil kepada BRI secara korporasi sangat luar biasa, terutama untuk pergerakan kredit mikro KUR yang mencapai Rp1 triliun per hari," ungkap Candra.

Dalam kesempatan itu Dirjen Dukcapil Kemendagri Teguh Setyabudi menyambut gembira antusiasme para pegawai BRI yang dikenal dengan sebutan Insan BRILian. "Terima kasih saya haturkan kepada Direksi BRI, dalam dua hari ini sejak kemarin sudah hampir 3.000 Insan BRILian yang sudah mengaktivasi aplikasi IKD di smartphone Android maupun IoS," ungkap Dirjen Teguh dalam sambutannya.

Dirjen Teguh menyebutkan, transformasi Dukcapil tidak langsung datang serta merta, melainkan melalui proses yang cukup panjang. Sejak digitalisasi pelayanan administrasi kependudukan tahun 2019. 

"Dimulai dengan membuka pelayanan online di Dinas Dukcapil. Kemudian menerapkan tanda tangan elektronik (TTE) yang menggantikan tandatangan dan cap basah pada dokumen kependudukan. Selanjutnya revolusi kertas putih HVS menggantikan kertas security berhologram." 

Setelah mendapatkan dokumen dalam bentuk file PDF dari petugas Dukcapil, pemohon bisa mencetak secara mandiri dengan kertas HVS 80 gram itu, dokumen seperti KK, akta lahir atau berbagai akta lain maupun berbagai surat keterangan dengan printer dari rumah atau kantor. 

Selain itu, Dirjen Teguh menyebutkan, tersedia pula mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) yang bisa untuk mencetak seluruh dokumen sebagai alternatif di mal pelayanan publik.

Sebagai terobosan terbaru Dukcapil tengah memasifkan aktivasi IKD atau KTP-el versi digital. Saat ini total aplikasi IKD sudah melebihi 3,2 juta IKD. 

Teguh berharap dunia perbankan mengambil peranan aktif, khususnya dari pihak Bank BRI, sehingga semakin banyak nasabah yang mengaktivasi KTP digital ini.

"Untuk itu pula, Dukcapil terus memperkuat infrastruktur data center termasuk penguatan cyber security. Ke depan Dukcapil akan menuju aktivasi IKD sepenuhnya secara digital, tinggal tunggu waktu."

Dirjen Dukcapil ini juga berharap sektor perbankan bisa memanfaatkan sepenuhnya IKD untuk bertransaksi. "Selain Bank Jatim dan Bank BRI yang sudah lebih dulu, saya harap bank-bank pemerintah yang tergabung dalam Himbara dapat segera memanfaatkan IKD untuk transaksi perbankan. Bahkan bank-bank swasta pun sudah banyak yang antre dalam pemanfaatan IKD," kata Dirjen Teguh.

Yang tak kalah penting, Teguh menjelaskan, Ditjen Dukcapil Kemendagri dengan dukungan Bank Dunia sedang melakukan penguatan Digital ID ini untuk masuk dalam skema Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

"Domain data kependudukan berbasis single identity number (SIN) melalui penerapan Satu Data Indonesia akan masuk dalam arsitektur SPBE Nasional, sehingga menjadi fondasi dalam penopang layanan digital nasional," kata Dirjen Dukcapil Teguh Setyabudi. 

Hingga Rabu sore, hasil aktivikasi IKD di kantor pusat Bank BRI mencapai 1.428 pemohon. Sehari sebelumnya, Selasa (11/7/2023), petugas yang terdiri Tim Ditjen Dukcapil dan diperkuat oleh Dinas Dukcapil Provinsi DKI dan Suku Dinas Dukcapil Jakarta Pusat berhasil mengaktivasi IKD sebanyak 1.247 pemohon. Sehingga, selama dua hari pelayanan aktivasi IKD berhasil melayani sebanyak 2.675 pemohon.

Hadir dalam acara ini Dirjen Dukcapil Kemendagri Teguh Setyabudi, Direktur Integrasi Data Kependudukan Nasional AS Tavipiyono serta jjaaran, EVP Hubungan Lembaga Bank BRI, M. Candra Utama, Kadis Dukcapil Provinsi DKI Jakarta Budi Awaludin, serta para Insan BRILian dan para tamu undangan. Dukcapil***

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dirjen Dukcapil Serukan Sektor Perbankan Manfaatkan IKD untuk Bertransaksi

Trending Now

Iklan