Iklan

Waspadai Paham Radikal dan Teroris, BNPT- PT RNP Bina SDM di Perusahaan

warta pembaruan
07 Juni 2023 | 10:46 AM WIB Last Updated 2023-06-07T03:46:49Z


Jakarta, Wartapembaruan.co.id
- Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan PT Reksa Nusa Praja (RNP) berkolaborasi menggelar pembinaan dan pelatihan sumber daya manusia (SDM) di berbagai perusahaan agar tidak terpapar paham radikalisme dan terorisme.

Kolaborasi ini direalisasikan melalui penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) antara BNPT dan PT RNP.

"Ideologi radikal intoleran telah merasuk ke berbagai sektor termasuk sektor swasta, hal ini tentunya perlu menjadi kewaspadaan bersama (dengan melakukan kolaborasi anter lembaga),” tutur Deputi Bidang Penindakan dan Pembinaan Kemampuan BNPT, Ibnu Suhaendra, Selasa (6/6/2023).

Menurut Ibnu, MoU kerja sama pelatihan ini merupakan salah satu bentuk semangat pelibatan multi pihak (Pentahelix), termasuk swasta, dalam upaya penanggulangan terorisme.

“Dengan kerjasama ini diharapkan dapat memperkuat peran setiap unsur negara termasuk pihak swasta, PT. RNP agar senantiasa menjaga semangat bela negara dan membentuk kekuatan bersama melawan ideologi radikalisme dan terorisme melalui penyelenggaraan pelatihan," ujar Ibnu.

Ibnu menjelaskan, saat ini ada ancaman nyata paparan paham radikalisme terorisme di perusahaan swasta. Diantaranya, saat ada karyawan swasta pernah terlibat pada sebuah aksi terorisme di Solo, Jawa Tengah.

"Karyawan swasta pernah ada yang terlibat dalam aksi pengeboman di Mapolresta Solo. Hal ini menjadi fakta karyawan-karyawan di swasta perlu dilakukan pencegahan radikalisme," jelas Ibnu.

Sementara itu, Direktur Utama PT RNP, Taufiq Alimi, menyatakan, sejumlah perusahaan telah merasakan keresahan terhadap ancaman paparan radikalisme dan terorisme yang menargetkan karyawan swasta.

"Perusahan-perusahaan itu juga khawatir karyawannya terpapar  bahkan terlibat radikalisme dan terorisme. Mereka itu bisa jadi sasaran perekrutan," kata Taufiq.

Untuk itu, lsnjut Taufiq  pihaknya berharap sinergisitas dalam upaya pencegahan terorisme dengan BNPT dapat berjalan dengan baik sehingga karyawan dan perusahaan swasta bebas dari ancaman paparan ideologi kekerasan.

"Sinergi itu didukung BNPT. Sehingga pada hari ini Alhamdulillah bisa menandatangani nota kesepahaman itu," pungkas Taufiq  Alimi. (Azwar)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Waspadai Paham Radikal dan Teroris, BNPT- PT RNP Bina SDM di Perusahaan

Trending Now

Iklan