Iklan

Sholat Idul Adha 2023, Wali Kota Bima Arya: Idul Adha Mengandung Dua Dimensi yang Harus Dimaknai

warta pembaruan
29 Juni 2023 | 7:53 PM WIB Last Updated 2023-06-29T12:53:22Z


Kota Bogor, Wartapembaruan.co.id
- Wali Kota Bogor Bima Arya dan Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim, bersama ratusan jamaah lainnya, melaksanakan shalat Idul Adha 2023 di Alun-Alun Kota Bogor yang berlangsung secara khusyuk.

Shalat Idul Adha 2023 ini, dimulai sejak pukul 06.45 WIB dan berakhir sekira pukul 07.30 WIB. dengan Imam Ketua MUI Kota Bogor, Tb Muhidin.

Dalam sambutannya, Bima Arya, menyatakan, Idul Adha mengandung dua dimensi yang harus dimaknai.

"Sejatinya Idul Adha ini mengandung dua dimensi. Pertama, tentu dimensi vertikal. Kita dilatih ketakwaan, ketaatan, kepatuhan kita terhadap Allah. Sebagaimana dicontohkan oleh Nabi Ibrahim," kata Bima Arya.

Kemudian, dimensi kedua lanjut Bima, adalah dimensi sosial, melatih masyarakat untuk meningkatkan rasa kepeduliannya. "Kita diperintahkan oleh Allah untuk berbagi. Jadi, dimensi vertikal dan dimensi sosial," ucap Bima.

Selain Makna Idul Adha sendiri, Bima Arya juga menggambarkan, makna Alun-Alun Kota Bogor sendiri yang juga mengandung dua dimensi.

"Ada masjid agung yang Insya Allah tempat kita dilatih, ditempa, dan dikuatkan ketakwaan terhadap Allah. Masjid ini Insya Allah terus kita sempurnakan agar nyaman dijadikan sebagai tempat ibadah dan pusat peradaban," sambungnya.

Menurut Bima, Alun alun ini juga menjadi tempat untuk melatih kebersamaan. Apapun latar belakang, dimana rumahnya, dan siapapun itu, di Alun-Alun ini harus bersama-sama, dengan kepedulian mulai dari tidak parkir sembarangan, buang sampah tidak sembarangan, dan tidak ada preman yang menguasai tempat ini.

"Ini adalah milik kita semua. Saya Insya Allah akan berkantor lebih banyak sampai habis masa jabatan. Itu dilakukan untuk memastikan tadi. Memastikan Masjid Agung yang tengah dikerjakan tuntas akhir tahun. Dan memastikan sisten yang dibangun disini agar bisa kebersamaan tetap terjaga," ujar Bima.


Bima Arya, juga berharap, Alun-Alun Kota Bogor selalu bisa menjadi tempat yang senantiasa memberikan keberkahan bagi semua masyarakatnya.

"Mudah mudahan tempat ini memberikan keberkahan bagi semua. Di masa lalu tempat ini menjadi tempat banyak mudaratnya, zalim. Tapi, insyaallah dengan baru ini akan memberikan keberkahan," pungkas Walikota Bima Arya. (Azwar)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sholat Idul Adha 2023, Wali Kota Bima Arya: Idul Adha Mengandung Dua Dimensi yang Harus Dimaknai

Trending Now

Iklan