Iklan

Sestama Rinardi: SISKOP2MI Beri Pelindungan dan Pengawasan Bagi PMI

warta pembaruan
21 Juni 2023 | 7:29 PM WIB Last Updated 2023-06-21T12:29:56Z


Serang, Wartapembaruan.co.id
- Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Banten menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Transisi Layanan Sistem Informasi Penempatan Pekerja Migran Indonesia, di Aula Disnakertrans Provinsi Banten, KP3B, Kota Serang, Selasa (20/6/2023).

Kegiatan sosialisasi dihadiri oleh 70 peserta dari Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI) yang beroperasi di wilayah Banten ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Utama BP2MI, Rinardi.

Rinardi mengatakan, bahwa akan ada peralihan aplikasi penempatan Pekerja Migran Indonesia dari SISKOTKLN menuju SISKOP2MI per tanggal 16 Juli 2023 dan di lapangan masih ditemui kendala teknis seperti tahapan awal pendaftaran dan tahapan pendaftaran Orientasi Pra Pemberangkatan (OPP).

"Sosialisasi ini menjadi langkah awal dalam proses transisi menuju sistem informasi penempatan Pekerja Migran Indonesia yang baru di wilayah Banten. Diharapkan kerjasama dengan P3MI akan semakin diperkuat untuk memberikan perlindungan dan pengawasan yang lebih baik bagi Pekerja Migran Indonesia di wilayah Banten," kata Rinardi.

Menurut Rinarfi, Provinsi Banten saat ini, berada dalam kondisi yang dilematis, dimana warga Banten memiliki minat yang cukup tinggi untuk menjadi Pekerja Migran Indonesia, namun di sisi yang lain masih banyak calo yang memberi iming-iming memberikan kemudahan proses dalam pemberangkatan bekerja ke luar negeri.

Lebih lanjut Rinardi menyebutkan, salah satu solusi yang diberikan untuk menangani kejahatan kemanusiaan itu adalah melalui skema Private to Private (P to P) di mana Pekerja Migran Indonesia ditempatkan melalui P3MI yang berada dibawah binaan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) dan BP2MI.

"Kepada P3MI, ayo kita memberikan edukasi kepada calon Pekerja Migran Indonesia tentang amannya berangkat secara prosedural, dan dengan kemudahan penggunaan SISKOP2MI dan SIAP KERJA semoga bisa memudahkan proses penempatan", ujar Rinardi.

Sementara itu Kepala Disnakertrans Provinsi Banten, Septo, mengatakan pihaknya memiliki target penempatan sektor formal pekerja migran yang besar untuk kawasan Timur Tengah dan  Asia, khususnya Jepang

"Tetapi kami terkendala dengan penempatan nonprosedural ini, sehingga kami berharap dengan beralihnya sistem ini dapat memberikan kontribusi yang besar bagi Pekerja Migran Indonesia secara procedural,” kata Septo.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Direktur Penempatan Non Pemerintah Kawasan Eropa Dan Timur Tengah, Sukarman; Direktur Penempatan Non Pemerintah Kawasan Amerika Pasifik, Mocharom Ashadi; Kepala Pusat Data dan Informasi (Pusdatin), Yana Anusasana; Kepala BP3MI Banten, Dharma Saputra;  dan Plt Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi Ketenagakerjaan Kemnaker RI, Mustafa Sarinanto. (Humas/BP3MI Banten/Azwar)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sestama Rinardi: SISKOP2MI Beri Pelindungan dan Pengawasan Bagi PMI

Trending Now

Iklan