Iklan

Peringati HANI 2023, BNNK Garut Gelar Serangkaian Acara Kegiatan

warta pembaruan
16 Juni 2023 | 3:27 PM WIB Last Updated 2023-06-16T08:27:08Z


Garut, Wartapembaruan.co.id
- Dalam rangka memperingati Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) Tahun 2023, Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Garut akan mengadakan beberapa acara di Kabupaten Garut. Salah satunya yaitu Run Against Drug Swiss Van Java 2023, yang akan digelar pada 24 Juni 2023.

"Meskipun bukan hanya anak muda untuk hobi lari itu, kadang orang tua pun sekarang banyak yang hobi-hobi lari seperti itu buat mengantisipasi anak-anak muda terjerumus ke penyalahgunaan narkotika seperti itu," kata, Toni Hamdani, perwakilan dari BNNK Garut, dalam Talkshow Forum Komunikasi dan Solusi (FOKUS) Vol.13 di Radio Intan Streaming di Kabupaten Garut, Rabu (14/6/2023).

Toni menjelaskan, alasan pihaknya mengambil kegiatan berlari adalah karena olahraga lari hanya bukan sekadar hobi, namun juga bermanfaat bagi kesehatan, serta mengantisipasi anak-anak muda dari bahaya narkoba.

Toni menyampaikan, untuk teknis kegiatannya, Run Against Drugs ini akan dibuka untuk umum, yang pelaksanaan akan berlangsung pada 24 Juni 2023, dengan peserta putra-putri baik yang berasal dari Kabupaten Garut maupun dari luar Kabupaten Garut.

"Kostumnya nanti bebas tidak ada khusus kostum sendiri, boleh pakai kostum komunitasnya ataupun kostum personal masing-masing, mangga," jelas Toni.

Adapun jarak tempuh lari, Toni ungkapkan, kurang lebih 12 km dengan jalur yang menyuguhkan panorama indah Kabupaten Garut yaitu Gunung Guntur. "Kita nanti ngambil view ke Jalan Ibrahim Adjie, bisa langsung lihat Gunung Guntur," ungkap Toni.

Meskipun masih jauh dari hari pelaksanaan kegiatan, saat ini peserta yang sudah mendaftar pada Run Against Drug sudah hampir 300 orang, berasal dari dalam maupun luar kota. Ia mengajak masyarakat Garut untuk mengikuti kegiatan tersebut dengan mendaftar melalui akun media sosial Instagramnya BNNK Garut.

"Nah kebetulan ini tidak ada biaya pendaftaran segala macam, untuk fasilitasnya water free segala macam itu ada," ucap Toni.

Selain mendapatkan efek kesehatan, Toni mengatakan finisher tercepat akan mendapat sertifikat, trofi, dan uang pembinaan dari BNNK Garut.

Tak hanya kegiatan olahraga lari, lanjut Toni,  kegiatan kedua dalam peringatan HANI di Kabupaten Garut adalah melukis dengan tema "Ekspresi War On Drugs menuju Kabupaten Garut Bersinar".

"Tapi, sebelum lomba dimulai bakal ada perfomance dulu dari Kang Iwan (pelukis), nanti Kang Iwan bakal melukis, memperlihatkan karyanya nanti sebelum pelaksanaan lomba melukisnya seperti itu," katanya.

Kegiatan lainnya, imbuh Toni, adalah berupa renungan, HANI ini didefinisikan sebagai hari keprihatian dunia terhadap narkotika. "Kegiatan renungan ini berisi refleksi diri terkait penyalahgunaan dan peredaran narkoba, strategi, maupun program penanggulangan narkoba di Kabupaten Garut," pungkas Toni Hamdani. (Diskominfo Garut/rdp/Azwar)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Peringati HANI 2023, BNNK Garut Gelar Serangkaian Acara Kegiatan

Trending Now

Iklan