Iklan

Dukcapil Hadir di Perbatasan Lewat Gerbangdutas 2023

warta pembaruan
21 Juni 2023 | 9:26 AM WIB Last Updated 2023-06-21T02:26:11Z


Tiakur, Wartapembaruan.co.id
- Dirjen Dukcapil Kemendagri Teguh Setyabudi ikut mendampingi kunjungan kerja Mendagri Muhammad Tito Karnavian dan Menko Polhukam Mahfud MD ke Pulau Moa, Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), Kamis (15/6/2023). 

Para pejabat negara itu berada di MBD untuk mencanangkan Gerakan Pembangunan Terpadu Perbatasan (Gerbangdutas) Tahun 2023 di Markas Komando Distrik Militer (Makodim) 1511, Kota Tiakur, Pulau Moa, Maluku Barat Daya (MBD), Provinsi Maluku, di hari yang sama. 

Kepada wartawan, Teguh menyampaikan, Ditjen Dukcapil Kemendagri memastikan komitmen terhadap agenda Gerbangdutas 2023 di MBD dengan menggelar sejumlah layanan Adminduk (Administrasi Kependudukan) untuk masyarakat MBD.

"Layanan Adminduk adalah hak seluruh masyarakat. Kepemilikan dokumen kependudukan akan menjadi pendukung pembangunan terpadu (Gerbangdutas) di MBD. Sebab data Dukcapil adalah backbone dari semua layanan publik. Sehingga, keinginan Pak Presiden untuk membangun Indonesia dari pinggiran-termasuk MBD-akan terwujud dengan basis data yang akurat," jelas Teguh dalam rilis resmi Dukcapil Kemendagri, Senin (19/6/2023).

Setelah acara pencanangan dan peninjauan ke berbagai venue, di titik layanan Dukcapil, berkenan Menko Polhukam didampingi Mendagri, Dirjen Dukcapil, Plh. Sestama BNPP menyerahkan dokumen kependudukan layanan terintegrasi

Adapun dokumen yang diserahkan berupa Akta Perkawinan, KK baru dengan status Kawin Tercatat, KK baru orangtua suami dan KK baru orangtua isteri, KTP-el perubahan status menjadi Kawin, untuk pasangan: Charles Hendro Supu & Eunike Wlointoda.

Selanjutnya, Akta Kelahiran atas nama Vermin Niken Tetletlora, anak dari pasangan Reberth Reskin Tetletlora & Lodia Anitha Kastera bersamaan dengan KIA & KK baru penambahan anggota keluarga.

Terakhir KTP-el pemula atas nama Chindy Claudia Philipus dan Kartu Identitas Anak atas nama Gian Brand Paliaky.

Laporan Tim Pelayanan Adminduk Dukcapil, selama 3 hari pelayanan berhasil memberikan 513 dokumen kependudukan, yaitu: cetak KK sebanyak 151 lembar, rekam KTP-el sebanyak 38, cetak KTP-el sebanyak 222 keping, Surat Keterangan Pindah (SKP) WNI sebanyak 36 lembar, cetak Akta Perkawinan sebanyak 11 akta, dan Akta Kematian sebanyak 3 akta; Akta Kelahiran sebanyak 28 akta, dan Aktivasi IKD sebanyak 23 orang.

Terkait giat layanan adminduk tersebut Direktur PIAK Dukcapil Kemendagri Erikson P Manihuruk menyampaikan terima kasih kepada segenap jajaran tim Dukcapil Kemendagri dan jajaran Dukcapil di Provinsi Maluku atas kerja keras melayani masyarakat. 

Terima kasih juga disampaikan kepada perwakilan PT Telkom di MBD atas dukungan penguatan sinyal internet di lokasi. 

Diketahui, MBD termasuk daerah perbatasan Indonesia yang masih butuh dukungan infrastruktur termasuk sinyal internet. Dukcapil***

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dukcapil Hadir di Perbatasan Lewat Gerbangdutas 2023

Trending Now

Iklan