Iklan

Ditjen Dukcapil Ikut Sukseskan Program Gerbangdutas 2023 di Maluku Barat Daya

warta pembaruan
20 Juni 2023 | 11:16 PM WIB Last Updated 2023-06-20T16:16:24Z


Tiakur, Wartapembaruan.co.id
  - Puncak acara Gerakan Pembangunan Terpadu Perbatasan (Gerbangdutas) 2023 pada Kamis (15/6/2023) di Kota Tiakur, Pulau Moa, Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) sangat diapresiasi berjalan sukses berkat kerja sama yang kompak dan solid. 

Ditjen Dukcapil dan Dinas Dukcapil Provinsi Maluku serta Dinas Dukcapil Kabupaten MBD serta Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) secara bersama-sama ikut andil dan berpartisipasi. 

Jajaran Dukcapil berpartisipasi dengan memberikan layanan adminduk kepada masyarakat pada 13-15 Juni 2023 di Makodim 1511/Moa. 

Ketua Tim Layanan Dukcapil di Gerbangdutas, Walter Edward Malau mengungkapkan bahwa Tim Dukcapil bekerja keras memberikan layanan kepada masyarakat. "Waktu yang terbatas ini harus kami maksimalkan sampe pol untuk melayani masyarakat di Pulau Moa ini," tutur Walter.

Direktur Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan, Erikson P. Manihuruk, yang turut hadir lebih awal guna mematangkan persiapan Dukcapil, mengatakan bahwa Tim Dukcapil juga menggandeng pihak Telkom. 

"Kami juga bekerja sama dengan Telkom untuk memastikan kestabilan jaringan untuk pelayanan. Kondisi server juga kami terus monitor agar layanan adminduk dapat berjalan dengan cepat dan tepat," ujar Direktur Erikson.

Pada puncak acara, hadir Menko Polhukam Mahfud MD, Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian, Dirjen Dukcapil Teguh Setyabudi dan Plh. Sestama BNPP Robert Simbolon. 

Dalam sambutannya, Menko Mahfud yang juga Dewan Pengarah BNPP mengatakan bahwa daerah perbatasan merupakan wilayah yang mendapatkan atensi khusus dari Presiden Joko Widodo. 

"Perbatasan negara adalah beranda depan yang merepresentasikan wajah bangsa dan kemajuan Indonesia. Sehingga pembangunan wilayah perbatasan adalah prioritas nasional," jelas Mahfud. 

Mendagri Tito yang juga Kepala BNPP pun berpesan agar BNPP dapat memonitor alokasi dana yang dikucurkan untuk pengelolaan perbatasan dapat direalisasikan tepat sasaran.

Dalam rangkaian acara tersebut, Menko Mahfud MD beserta rombongan menyerahkan secara simbolis hasil layanan dokumen kependudukan kepada perwakilan masyarakat berupa Kartu Keluarga, Akta Perkawinan, Akta Kelahiran, KIA dan KTP-el.

"Selama tiga hari pelayanan, Tim Dukcapil berhasil melayani 513 permohonan layanan adminduk masyarakat. Hasil tersebut berupa 151 cetak KK, 38 rekam KTP-el, 222 cetak KTP-el, 36 Surat Keterangan Pindah, 11 Akta Perkawinan, 28 Akta Kelahiran dan 23 aktivasi Identitas Kependudukan Digital," urai Walter melaporkan.

Dirjen Dukcapil Teguh Setyabudi di lain kesempatan turut mengatakan bahwa suksesnya layanan adminduk di Gerbangdutas kali ini dapat terus berlanjut dan berkesinambungan serta menjadi pemantik semangat untuk terus melayani masyarakat. 

"Pelayanan Dukcapil itu harus merata sampai pulau-pulau terluar seperti di perbatasan,"  tegas Teguh. Dukcapil***

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ditjen Dukcapil Ikut Sukseskan Program Gerbangdutas 2023 di Maluku Barat Daya

Trending Now

Iklan