Iklan

Kunjungan PJ Bupati Simeulue Ahmadliyah Produksi Ayam Bertelur BUMDes Suak Baru

warta pembaruan
11 Februari 2023 | 9:04 PM WIB Last Updated 2023-02-11T14:04:49Z


Simeulue, Wartapembaruan.co.id
-- Ismain Kades Suak Baru Kecamatan Simteng Kabupaten Simeulue. Mengucapkan terima atas Kedatangan PJ Bupati Simeulue Ahmadliyah Beserta Rombongan Kadis Perdagangan, Novikar Setiadi Kadis PMD, Husin Alim, Kasatpol PP, Dodi Juliandi, dan Camat Simteng, Indra Gunawan. dan toko-toko Masyarakat.

Ismain memperkenalkan Produksi Peternakan Ayam bertelur dan Mesin Pembuatan PAKAM ayam bertelur. Ismain juga menjelaskan bahwa banyak ayam bertelur yang sedang kami kelola berkisar 750 ekor dan hasil peroduksi telur per hari kurang lebih sepuluh papan atau tiga ratus butir tapi kendala di PAKAM . 

Padahal kami Uda ada mesin untuk pembuatan PAKAM tersebut Satu Unit Mesin Penghancur Jagung  dan Mesin Pembuatan Langsung Jadi Pelet, Mesin ini berkerja per jam, bisa mendapatkan PAKAM sebanyak 700 Kg sampai 800 kg Per Jam . Harapan kami masyakarat kepada pemerintah gimana cara supaya Usaha yang sedang kami kembangkan ini dapat mensejahterakan Perekonomian masyarakat saya khususnya Desa Suak Baru pungkasnya (11/2/23)

Ahmadliyah SH. PJ Bupati Simeulue Menerangkan kepada awak media bahwa kunjungan silaturahmi ke Desa Suak Baru untuk melihat pengembangan Produksi BUMDes Desa Suak Baru. 

Alhamdulillah pengembangan Produksi BUMDes yang menjanjikan atas berkembangnya Perekonomian Masyarakat.
Jadi respon yang di ambil oleh Kadis PMD Husin Alim Sangat Baik untuk memajukan BUMDes yang ada di Desa-desa Kabupaten Simeulue.

Masih Ahmadliyah SH. PJ Bupati Simeulue, BUMDes yang selama ini berperan hanya dua faktor yaitu pertama Simpan Pinjam dan kedua Membuka Usaha Warung kopi tapi bisa juga mendapatkan Pendapatan Desa yang hasil Per tahun nya bisa membangun Rumah Duafa Dua Unit Sampai Lebih. 

Itu suatu pengembangan Desa yang sangat baik.

Untuk membuat pengembangan perekonomian masyarakat jangan hanya dua faktor seperti yang biasa ini di lakukan Simpan Pinjam Atau Warung kopi.

Kalau BUMDes itu Badan Usaha Milik Desa di Kembangkan Proposional dan bertanggung jawab apapun bisa dilakukan BUMDes untuk mengembangkan Usaha Perekonomian di Desa dan Usaha tersebut bisa juga di berikan kepada Pengusaha, seperti Kontraktor, Pedagang, Perternakan, Perikanan Keramba, Kelautan, Perkebunan dan Pertanian Semua Bisa Yang Penting Bertanggung Jawab Untuk Memajukan Usaha tersebut dalam Pengawasan Kepala Desa.

Ahmadliyah PJ Bupati Simeulue Memberikan contoh atas Pengembangan Produksi Ayam Bertelur Kurang Lebih Seribu Ekor di Desa Suak Baru Simteng yang di kelola oleh BUMDes tentunya  kendala pasti ada soal PAKAM apalagi kita di Simeulue kalau iklim cuaca tidak bersahabat jangankan PAKAM buat kebutuhan ternak Kebutuhan kita aja Masyarakat Simeulue Serba Kekurangan. 

Karena kita tinggal di kepulauan. Ini yang selalu jadi kendala dan sering kita hadapi Masyarakat Kabupaten Simeulue. Jadi untuk mengatasi kelangkahan atau kendala-kendala khusus Kelangkahan PAKAM buat ternak tersebut kita bisa Buat Kebun Jagung Bukankah PAKAM tersebut bahan bakunya Jagung.

Selain Pertanian Padi yang kita Polaritas kan kepada Masyarakat Simeulue  kita juga harus  menerapkan ke Masyarakat agar Lahan-lahan yang tidur bisa kelola jadi kebun jagung, sawit, cabe, dll yang bisa menambah perekonomian masyarakat.

Kita bercerita soal PAKAM buat ternak Kita tanam jagung untuk kita jadi PAKAM dan Himbauan saya kepada masyarakat jangan ragu kalau hasil Penen Jagung nya tidak ada yang menampung, Pemerintah siap membantu mengelola hasil Panen Masyarakat dan kedepannya kita Masyarakat Simeulue tidak perlu lagi mendatangkan PAKAM dari Luar Mala yang kita inginkan kita bisa mengirim keluar hasil produksi kita yang ada di Simeulue itu yang kita harapkan Pungkasnya

Ahmadliyah SH PJ Bupati Simeulue Memberikan Contoh satu desa yang maju karena sistem kelola BUMDes dengan Baik

Desa nya ada di Jawa , Jokja Desa Surukan kalau tidak salah nama Desa tersebut dan Kepala Desa Perempuan untuk gaji Kepala Desa tersebut ternyata tanah di berikan Dua Hektar namanya tanah bengkok  jadi tanah yang dua hektar tersebut di Kelola Masyarakat yang hasilnya sebahagian untuk aparat Desa dan selebih nya hasil dari kebun tersebut, kepala Desa tersebut Membangun Pasar Desa ternyata Pasar Desa tersebut sangat maju semua hasil kebun yang dua hektar itu di bawah ke Pasar Desa begitu juga Masyarakat yang memiliki lahan perkebunan hasil panen di bawah ke Pasar Desa tersebut sangking majunya Pasar Desa tersebut ada beberapa kabupaten untuk mendapatkan bahan makanan pertanian perkebunan mereka dapatkan dari Pasar Desa tersebut kurang lebih ada dua ratus truk pengangkut keluar masuk dari Pasar Desa tersebut. Pemutaran uang satu bulan Pasar Desa tersebut mencapai 15 Miliar. Jangan kita tanyak berapa gaji kepala desa tersebut Jadi himbauan saya kepada Masyarakat Simeulue berpaculah berlomba-lombala mensejahterakan masyarakat di Desa masing-masing bergerak di bidang melalui BUMDes Pungkasnya

(Rivi)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kunjungan PJ Bupati Simeulue Ahmadliyah Produksi Ayam Bertelur BUMDes Suak Baru

Trending Now

Iklan