Jakarta, Wartapembaruan.co.id -- Balai Besar Rehabilitasi Badan Narkotika Nasional (BNN) menerima penghargaan sebagai Penyelenggara Pelayanan Publik dengan kategori Sangat Baik di Tahun 2020 dari Kementerian Pemberdayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB). Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri PAN RB, Tjahjo Kumolo, didampingi Deputi Pelayanan Publik dan Sekretaris Utama Kementerian PANRB di Ballroom Hotel Ritz Carlton, Selasa (9/3).
"Ini adalah berkat kerjakeras seluruh staf dan karyawan Balai Besar serta merupakan perwujudan dari komitmen dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat serta upaya dalam mewujudkan Indonesia sehat tanpa narkoba", ujar Kepala Balai Besar Rehabilitasi BNN, Drs. Yuki Ruchimat, M.Si., usai menerima penghargaan.
Dalam siaran pers sebelumnya, Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB, Diah Natalisa, menerangkan sebanyak 54 Unit Penyelenggara Pelayanan Publik (UPP) di kementerian dan lembaga yang dievaluasi di tahun 2020. Sementara di tingkat Provinsi sebanyak 33 UPP dan di tingkat Kabupaten/Kota sebanyak 221 UPP.
Berdasarkan hasil evaluasi tahun 2020, sebanyak enam Menteri/Pimpinan Lembaga dan empat Kepala Daerah mendapatkan predikat sebagai Pembina Pelayanan Publik Kategori Prima. Sedangkan sebanyak 31 UPP di tingkat kementerian, Lembaga dan Pemda mendapatkan predikat Pelayanan Prima.
Pemberian penghargaan ini dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang cukup ketat. Pada kesempatan ini, dilakukan juga pemberian penghargaan pada Kementerian/Lembaga sebagai role model penerapan sarana prasaran pelayanan publik bagi kaum rentan.
Monitoring dan evaluasi sarana prasarana bagi kaum rentan baru kali pertama ini dilaksanakan. Adapun penilaiannya meliputi 14 komponen. Beberapa diantaranya adalah fasilitas area parkir, jalur pejalan kaki, jalur landai, pintu akses, pegangan pembantu, elevator/eskalator, kursi roda, tongkat, area tunggu, alat bantu tunanerta, dan lain-lain.
Penghargaan ini diharap dapat menjadi triger bagi seluruh instansi pemerintah, dalam hal ini BNN, untuk terus meningkatkan layanan masyarakat. Dengan adanya penghargaan ini, menjadikan BNN termotivasi untuk terus meningkatkan layanan masyarakat agar ditahun berikutnya dapat menyandang perdikat pelayanan prima. (VDY)
BIRO HUMAS DAN PROTOKOL BNN