Iklan

Majukan Produk UMKM Lokal, Kemkominfo Perkecil Disparitas Akses Internet

warta pembaruan
21 Februari 2021 | 12:10 AM WIB Last Updated 2021-02-20T17:10:43Z


Jakarta, Wartapembaruan.co.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mendukung penyediaan akses jaringan internet yang merata di seluruh wilayah Indonesia agar pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) serta Ultra Mikro (UMi) untuk memasarkan produk dalam negeri secara online.

"Kemkominfo memberikan dukungan yang luar biasa untuk onboarding UMKM dan UMi untuk memasarkan produknya secara digital. Kita akan bekerja keras untuk memastikan internet link ratio dan close digital divide atau memperkecil disparitas antarwilayah Indonesia," tutur Menteri Komunikasi dan zinformatika (Kemkominfo) Johnny G. Plate dalam Peluncuran Beli Kreatif Danau Toba yang berlangsung virtual, dari Jakarta, Sabtu (20/2/2020).

Johnny menyatakan upaya yang menjadi bagian dari akselerasi transformasi digital itu ditargetkan bisa diselesaikan pada tahun 2022.

"Selesai hingga tahun 2022 nanti. Mudah-mudahan, dengan arahan dan dukungan politik yang kuat dari Bapak Presiden Joko Widodo dan Ibu Menteri Keuangan, kita akan menghadirkan internet 4G di seluruh desa dan kelurahan di seluruh pelosok tanah air Indonesia,” kata Johnny.

Johnny mengungkapkan, Pemerintah saat ini tengah menyiapkan pembangunan infrastruktur TIK untuk mengikis kensenjangan akses jaringan internet di seluruh wilayah tanah air. Salah satunya akan menghadirkan High Throughput Satelitte pada akhir tahun 2023 yang akan membantu meningkatkan kecepatan jaringan internet di 150.000 titik layanan publik seluruh Indonesia.

“Itulah hebatnya Indonesia. Dengan tersedianya infrastruktur ini kita harapkan, onboarding UMKM dan Ultra Mikro ke dalam digital marketplace lebih baik. Kita mendukung peningkatan peran dari UMKM dan Ultra Mikro yang saat ini sekitar 60% terhadap GDP Indonesia, kita tingkatkan dan mendorong agar menjangkau pasar yang lebih luas. Sekali lagi, kegiatan ini luar biasa dan menjadi contoh untuk diikuti oleh wilayah-wilayah lain di Indonesia,” ungkapnya.

Johnny menilai Beli Kreatif Danua Toba merupakan wujud konkret dari Cinta Tanah Air, apalagi saat ini Indonesia berhadapan dengan pandemi Covid-19. Pemilihan tema Beli Kreatif Danau Toba dilatari banyaknya potensi pariwisata serta tingginya wisatawan domestik ke Danau Toba.

Pemerintah pun berupaya mendorong pengembangan keberadaan produk unggulan buatan artisan lokal. Saat ini, terdapat kurang lebih 64 juta usaha yang telah berkembang dan akan diarahkan untuk memasuki dunia digital.

"Kominfo sangat mendukung itu. Dengan demikian, harapan kita pada tahun 2022 nanti onboarding UMKM akan tersebar merata sampai di wilayah 3T,” tutur Johnny.

Dalam peluncuran Beli Kreatif Danau Toba, Johnny berkisah mengenai salah satu kunjungan kerja beberapa waktu lalu. Berkaca dari pengalaman itu, Johnny menilai Indonesia memiliki potensi yang besar untuk memasarkan produk kopi lokal di level internasional melalui pelaku UMKM.

“Saat berkunjung ke London dan Frankfurt, produk kopi Indonesia telah menjuarai kontes kopi dunia. Ternyata itu datang dari Flores dan Sumatra. Jadi, kopi tidak sekedar aroma dan rasa, tapi dia representasi Indonesia di arena dunia. Karenanya, di dalam negeri melalui kreatif danau toba ini wujud konkrit dan nyata yang akan kita promosikan di dalam negeri," ungkapnya.

Masih membahas soal kopi, dalam perbincangan melalui konferensi video bersama Koperasi Kopi Cimata Makmur Sumatra Utara yang beranggotakan petani dan pengolah kopi, dari Dairi, Medan, Johnny mengatakan kopi yang diproduksi daerah itu memiliki korelasi yang sama dengan Kopi Manggarai, Nusa Tenggara Timur. 

Dalam perbincangan itu, saat ditanya ingin membeli jenis dan berapa banyak kopi dari Petani Dairi, Johnny menyatakan kopi dalam bentuk biji, cair, maupun bubuk menurutnya sama saja, namun ia lebih memilih kopi dalam bentuk kemasan bubuk karena lebih praktis digunakan.

“Tinggal pasang QR Code-nya saja. Ini kopi, saya akan beli dalam jumlah banyak untuk diberikan kepada seluruh sivitas Kominfo,” pungkad Johnny.

Peluncuran Beli Kreatif Danau Toba ini merupakan bagian dari Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia 2021. Acara juga ditayangkan langsung melalui akun YouTube Kemenparekraf serta  platform e-commerce  Shopee, JDID, bhinneka.com, blibli.com, Tokopedia, Lazada, Bukalapak dan Grab Indonesia. Selain itu, tayangan juga disiarkan langsung melalui akun Instagram @pesonaid_ travel.

Acara yang diresmikan Presiden Joko Widodo secara virtual itu dihadiri  langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno; Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Sumatra Utara, Arif Sudarto Tri Nugroho; Ketua Umum Asosiasi e-Commerce Indonesia (idea), Bima Laga; serta pejabat pemerintah provinsi dan kabupaten di Sumatra Utara.

Selain Menteri Kominfo, hadir secara daring, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut binsar Panjaitan; Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo; Menteri Keuangan, Sri Mulyani; Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan, Djoko Sasono; Asisten Deputi Pengembangan Rantai Pasok Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Sutarno (Azwar).

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Majukan Produk UMKM Lokal, Kemkominfo Perkecil Disparitas Akses Internet

Trending Now

Iklan